Selasa, 04 September 2012

Tips Mudah Mengingat Nama Atau Nomor



     Masalah memori kadang memang cukup serius. Ketika usia bertambah, kemampuan mengingat nama dan nomor biasanya akan semakin berkurang. Tentunya hal ini bukanlah sesuatu yang baik karena kemampuan dalam mengingat memiliki fungsi cukup besar dalam hidup. Contohnya  saja ketika Anda berkenalan dengan orang baru di tengah kerumunan banyak orang. Informasi nama atau nomor telepon dapat terbang langsung dari kepala. Padahal orang tadi merupakan orang penting dan kita sangat butuh informasi darinya. Untuk itu anda perlu strategi jitu untuk mengatasi masalah mengingat nama atau nomor ini.


Kini ada strategi mengingat dengan mudah yang juga bisa Anda terapkan, Senin (3/9).

Mengingat Nama:

  • Konsentrasi: Ketika seseorang sedang memperkenalkan diri, berkatalah pada diri sendiri agar fokus. Dan Anda tak akan membiarkan gangguan lain seperti percakapan di luar atau musik yang terdengar ikut masuk ke dalam kepala Anda.
  • Mencari yang lebih dekat: Ingatlah tanda wajah khusus dan karakteristik yang unik dari orang tersebut, seperti tanda-tanda kecantikan atau rambut yang keriting. Jika tidak ada karakteristik yang unik, maka asosiasikan nama dengan sesuatu yang terdengar seperti namanya.
  • Ulangilah: Setelah Anda mendengar namanya dan melihat karakter uniknya, ulanginya dengan mengatakan "Apa kabar Mary?" atau "Senang bertemu denganmu Mary". Jika pengucapananya sulit atau ejaan lebih dari satu kali tuliskanlah di atas secarik kertas.
Mengingat Nomor


  • Kelompokkan: Kelompokkan informasi untuk membuatnya lebih mudah dalam mengingatnya. Contohnya mengingat Nomor Jaminan Sosial yang terdiri dari sembilan digit. Kelompokkan nomor dengan tiga-tiga, ini akan menolong dengan memudahkan mengingatnya. Dan jika kebetulan ada nomor duplikat maka akan semakin mempermudah.
  • Buat kode pribadi: Ubah setiap digit menjadi kode visual. Contohnya saja O sebagai planet, 1 lilin, 2 angsa, 3 bibir mengerut, 4 bendera, dan sebagainya sesuai dengan selera agar mudah mengingatnya. Ingatan kita akan lebih mudah mengingat gambar dibanding angka.
  • Menyebutnya dengan keras: Semakin kita mengulangi urutan nomor dengan keras maka semakin besar kemungkinan untuk mengingatnya.
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI


0 komentar:

Posting Komentar