Sabtu, 21 April 2012

Perbedaan Bebek dan Itik


     Melihat acara berita tentang itik saya jadi terpikir tentang perbedaan antara itik dan bebek. Memang secara umum dan bentuk itik dan bebek kadang susah untuk dibedakan. Saya sendiri aja tidak tahu mana bebek dan mana itik karena dikampung saya rata-rata orang memanggil unggas air ini dengan sebutan bebek. Setelah baca-baca ternyata ada perbedaan antara itik dan bebek ini, jadi bukan hanya beda nama tapi manfaatnya pun berbeda. Berikut perbedaan antara itik dan bebek

Bebek

     Bebek merupakan unggas air yang dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya, cocontohnya seperti bebek manila dan bebek Muscovy (Muscovy duck). Ciri-ciri bebek  secara umum adalah bertubuh gemuk (pantas diambil dagingnya), berjalan horsontal dan bergerak lambat. Cirri-ciri ini merupakan cirri khas bebek pedaging. Bebek angsa juga salah satu unggas yang dimanfaatkan dagingnya.

Itik

     Itik mrupakan unggas air yang mengarah pada produksi telur. Dengan ciri-ciri umum  bertubuh ramping, berdiri hampir tegak seperti botol dan lincah sebagai cirri khas itik petelur atau yang lebih dikenal dengan Indian Runner Duck (itik asal Indonesia).  Dari jajaran itik itu ada yang tergolong petelur unggul dan ada yang termasuk petelur sedang. Itik petelur sedang memiliki tubuh agak gemuk tetapi telurnya lebih besar.

     Itulah sedikit perbedaan antara itik dan bebek. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan dan tentunya tidak bingung lagi apabila ditanya tentang perbedaan antara itik dan bebek. 

0 komentar:

Posting Komentar