Selasa, 24 April 2012

Awas Bahaya Sumpah Pocong


     Sumpah pocong merupakan salah satu tradisi yang masih dilakukan masyarakat pedesaan di Indonesia. Memang unik sumpah yang satu ini, tapi konon bagi yang melanggar sumpah akan dapat akibat yang fatal. Sumpah Pocong sendiri merupakan sumpah yang dilakukan oleh seseorang dalam keadaan terbalut kain kafan seperti layaknya orang yang telah meninggal. Karena penggunaan kain kafan inilah maka sumpah ini disebut sumpah pocong karena orang yang bersumpah dikafani layaknya pocong.

     Tradisi sumpah pocong ini biasa dilakukan oleh pemeluk agama Islam yang dilakukan didalam mesjid dan dilengkapi dengan para saksi. Didalam ajaran Islam sendiri sebenarnya tidak pernah menyinggung tentang sumpah pocong ini. Jadi sumpah pocong ini murni merupakan tradisi local yang masih kental menerapkan norma-norma adat.

     Sumpah Pocong ini biasa dilakukan untuk membuktikan suatu tuduhan atau kasus yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bukti sama sekali. Konsekuensi bagi yang melanggar sumpah diyakini akan mendapat hukuman dan laknat dari Tuhan.

     Didalam system peradilan Indonesia Sumpah Pocong ini lebih dikenal dengan Sumpah Mimbar dan merupakan salah satu pembuktian yang dijalankan oleh pengadilan dalam memerikssa perkara-perkara perdata. Sumpah Mimbar ini lahir karena adanya perselisihan antara seseorang sebagai penggugat melawan orang lain sebagai tergugat, biasanya berupa perebutan harta warisan, hak-hak tanah, utang-piutang, dan sebagainya.

     Sumpah Mimbar ini ada dua macam, yaitu sumpah Suppletoir dan Sumpah Decisoir. Sumpah Suppletoir atau supah tambahan dilakukan apabila sudah ada bukti permulaan tapi belum bias meyakinkan kebenaran fakta sehingga masih diperlukan sumpah tambahan. Sumpah Decisoir dilakukan apabila tidak adanya bukti sama sekali, hakim akan memberikan sumpah pemutus yang sifatnya tuntas, putusan hakim akan semata-mata tergantung pada bunyi sumpah dan keberanian pengucap sumpah.

     Itulah sedikit cerita tentang sumpah pocong. Tentunya segala janji dan sumpah mesti dipertanggungjawabkan. Dan dalam sumpah pocong ini hukuman akan langsung diberikan oleh Tuhan. Jadi yang mau melakukan Sumpah Pocong Waspadalah ya.

Sumber: wikipedia  

0 komentar:

Poskan Komentar