Rabu, 25 Juli 2012

Mengungkap Banjir Bandang


     Lagi-lagi banjir bandang kembali menimpa salah satu wilayah di Indonesia. daerah Padang kali ini yang menjadi korban bencana banjir bandang ini. Sangat memperihatinkan memang melihat Negara kita yang masih sering dilanda bencana. Semoga para korban tetap diberi kesabaran dalam menghadapi cobaan mereka. Berbicara tentang banjir bandang, kira-kira seperti apa sih banjir bandang itu. Mungkin yang belum tahu silakan dibaca uraian singkat dibawah ini.

     Banjir bandang merupakan banjir yang terjadi di daerah permukaan/dataran rendah akibat hujan yang turun terus-menerus dan muncul secara tiba-tiba. Banjir bandang ini terjadi saat hujan turun dengan cepat dan deras tetapi area buat penyerapan air terbatas sehingga air tidak dapat terserap lagi. Air yang tergenang ini akan berkumpul kedaerah-daerah dengan permukaan  rendah dan dengan cepat mengalir ke permukaan yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda dan daerah yang dilewatinya akan dipenuhi dengan air secara tiba-tiba.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Tentunya banjir bandang ini dapat membuat kerugian yang tidak sedikit dan bahkan bisa menimbulkan korban jiwa. Untuk itu pelestarian alam bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah datangnya banjir bandang ini. Seperti yng ditulis diatas bahwa banjir bandang terjadi karena area yang tidak mampu menyerap air maka perlunya kita buat lingkungan yang mampu untuk menyerap air ini. Salah satunya adalah dengan penghijauan atau penanaman pohon karena pohon dapat mengurangi intensitas air hujan jatuh ketanah.

     Contoh kasus banjir bandang terbesar di Indonesia adalah banjir di bukit lawang pada november tahun 2003. Banjir ini menyebabkan 80 orang tewas dan merusak banyak fasilitas tempat wisata yang berada pada daerah tersebut. Mudah-mudahan bencana seperti ini dapat menginspirasi kita untuk lebih bersahabat dengan alam dengan cara menjaganya bukan merusaknya.

Sumber: wikipedia  

0 komentar:

Poskan Komentar