Minggu, 26 Agustus 2012

Obati Kolesterol Dengan Ini


     Mendengar kata kolesterol biasanya orang akan berpikir negatif. Kolesterol memang sering dianggap sebagai biang keladi penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Padahal tidak sebenarnya kolesterol itu jahat , ada juga yang disebut kolesterol yang baik. Sebelum mengetahui apa sih obat buat kolesterol, maka sebaiknya anda berkenalan dulu dengan yang namanya kolesterol ini, bukankah tak kenal maka tak sayang J.

     Kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel yang dibagi menjadi LDL, HDL, Total Kolesterol dan Trigliserida. Jadi kolesterol adalah suatu komponen dari lemak. Lemak juga merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh selain zat gizi lain. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Jadi pada dasarnya tubuh juga membutuhkan kolesterol asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

     Sebenarnya kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh secara normal sudah diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi kolesterol bisa meningkat jumlahnya ketika anda mengkonsumsi asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, seperti telur ataupun junk food (makanan sampah). Kolesterol yang berlebihan ini akan tertimbun didalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Penyempitan inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan stroke.

     HDL dianggap lemak baik karena berfungsi untuk mengangkut dan membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati. Berseberangan dengan HDL, LDL dianggap sebagai lemak jahat karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol didinding pembuluh darah.  

     Gimana nambah kan pengetahuanya tentang kolesterol. Selanjutnya adalah tentang obat untuk mengatasi kolesterol ini. Seperti pepatah mengatakan bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Maka hal yang paling baik dalam memerangi kolesterol jahat adalah dengan hidup sehat dan makanan yang sehat. Biasakan untuk berolahraga secara teratur setiap hari. Hindari makanan yang tinggi lemak dan mengandung sumber kolesterol seperti berminyak, bersantan, makanan fast food, alkohol dan gula berlebihan.

     Sudah melakukan hal diatas tetapi kolesterol anda tetap tinggi, maka mungkin memang anda butuh bantuan obat. Ada beberapa macam obat kolesterol diantaranya:
 a.   Golongan asam fibrat à Gemfibrozil, Fenofibrate dan Ciprofibrate.
Fibrate menurunkan produksi LDL dan meningkatkan kadar HDL. LDL ditumpuk di arteri sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung, sedangkan HDL memproteksi arteri atas penumpukkan itu.
b.      Golongan resin à Kolestiramin (Chlolestyramine)
Obat antihiperlidemik ini bekerja dengan cara mengikat asam empedu di usus dan meningkatkan pembuangan LDL dari aliran darah.
c.       Golongan Penghambat HMGCoa reduktase à Pravastatin, Simvastatin, Rosavastatin, Fluvastatin, Atorvastatin.
Menghambat pembentukan kolesterol dengan cara menghambat kerja enzim yang ada di jaringan hati yang memproduksi mevalonate, suatu molekul kecil yang digunakan untuk mensintesa kolesterol dan derivat mevalonate. Selain itu meningkatkan pembuangan LDL dari aliran darah.
d.      Golongan Asam nikotinat à niasin
Dengan dosis besar asam nikotinat diindikasikan untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah
e.       Golongan Ezetimibe
Menurunkan total kolesterol dan LDL juga meningkatkan HDL dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI


0 komentar:

Poskan Komentar