Kamis, 30 Agustus 2012

Tips Buat Ruang Belajar Anak Nyaman



      Ruang  belajar merupakan salah satu tempat sakral bagi anak untuk menimba ilmu.  Untuk itu butuh kecermatan dan ketelitian dalam merancang ruang belajar bagi anak ini. Untuk mendapatkan ruang belajar yang nyaman, sangat diperlukan sekali cara penataan yang tepat. Ruang belajar yang nyaman dan tepat akan membantu menumbuhkan minat  anak untuk belajar lebih baik.


     Ruang belajar untuk anak biasanya difungsikan sebagai "arena serius" si buah hati untuk belajar dan juga mengerjakan pekerjaan rumahnya. Karena itu, supaya anak tidak merasa jenuh saat harus berada lama di sana, Anda harus menciptakan ruangan senyaman dan seefektif mungkin. 

     "Posisi ruang belajar untuk anak, ada baiknya tidak jauh dari kamar tidurnya atau disatukan dengan ruang tidur. Gunakan warna cerah untuk menghiasi dinding di ruang belajar anak. Pengaplikasian warna cerah dapat menstimulasi otak mereka untuk lebih kreatif," kata desainer interior Susan Octari Yawhan. 

     Warna yang bisa Anda pilih untuk melengkapi ruang belajar si kecil adalah kuning, merah, serta oranye, dan bisa juga diberi warna tambahan, seperti biru, ungu, dan hijau.  "Warna kuning, merah, dan oranye dapat merangsang semangat anak untuk belajar serta lebih cepat menyerap segala informasi yang mereka dapatkan," kata Susan. 

     Terdapat beberapa fungsi di dalam ruang belajar yang bisa Anda jadikan konsep dasar sebelum melakukan penataan terhadapnya. 

     "Fungsi utama ruang belajar itu kan untuk belajar, jadi fokuskan penataannya pada fungsi ruang tersebut. Bisa juga dengan menyertakan beberapa aksesori favorit anak, tapi jangan jadikan benda itu mendominasi di dalam ruangan. Kalau terlalu mendominasi, bisa jadi si anak bukan semangat belajar, tapi malah terpancing untuk bermain," tutur Susan. 

     Untuk menunjang proses belajarnya, Anda dapat menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.Kalau dibutuhkan, Anda bisa membuat sistem penghawaan buatan. Untuk hal ini, jangan gunakan lampu yang menyilaukan. 

     "Pencahayaan dengan sistem general lighting sangat pas diaplikasikan di ruang belajar anak karena cahaya yang dihasilkan lampu ini sama rata dan tidak terlalu gelap. Jenis daylight juga bisa diterapkan. Bahkan, kalau menggunakan pencahayaan jenis ini tidak usah menggunakan watt yang terlalu tinggi. Bila masih kurang terang, gunakan lampu meja," sebut desainer interior Ade Lesmana.

     Untuk furnitur, sebaiknya gunakan yang tidak terlalu berat dan bersudut tumpul. Hal ini semata-mata demi melindungi anak saat ingin menata ulang ruang belajarnya. "Pasti meja belajar menjadi furnitur yang harus ada. Oleh karena itu,saat ingin memilihnya,lebih baik sesuaikan dengan usia anak. Jangan pernah sesekali menggunakan meja belajar untuk anak yang bermodel lesehan," ucap Ade.

     Terdapat hal lain yang harus Anda perhatikan, yakni jangan sesekali meletakkan peralatan elektronik selain televisi di dalam ruang belajar. Bila Anda ingin melengkapi ruang belajar dengan komputer, batasi pemakaian komputer hanya untuk sarana penunjang belajar sehingga anak tidak tergoda untuk menyalahgunakan pemakaiannya di dalam ruang belajar. 

     "Aktivitas belajar anak tidak harus selalu duduk di atas meja dan membaca buku saja, tapi juga bisa dilakukan sambil bermain. Untuk dapat menunjang hal tersebut, siapkan pelapis lantai yang lunak dan tebal demi menghindari risiko cedera saat anak sedang melakukan aktivitas di dalamnya," papar Susan. Ruang belajar juga bisa dibuat sebagai ruang penyimpanan peralatan sekolah dan buku-buku anak. 

     "Storage yang multifungsi dan berwarna-warni dapat dipilih untuk membantu mengajarkan anak supaya lebih rapi, sekaligus memudahkannya ketika ingin menyimpan peralatan sekolah. Jangan membuat atau meletakkan fasilitas penyimpanan di tempat yang tinggi," kata Susan. 

     Bagaimana, cukup mudah bukan menciptakan ruang belajar untuk si buah hati? Hal paling penting adalah, Anda harus tahu bagaimana menatanya. Dengan ruang belajar yang nyaman, maka bakal memberikan satu dorongan untuk anak hingga jadi kian semangat belajar.



PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar