Jumat, 31 Agustus 2012

Bahaya Headphone Bagi Telinga



     Anda seorang penggemar musik  dan mendengar musik adalah kegiatan sehari-hari anda. Maka  bagi Anda yang hobi dan sering mendengarkan musik dengan headphone atau earphone mesti waspada karena alat ini dapat merusak kualitas pendengaran telinga anda. Berdasarkan penelitian di Inggris, hal itu akan menyebabkan telinga Anda tidak bisa berfungsi lagi dengan normal hingga menyebabkan tuli. 


     Menurut peneliti dari Universitas Leicester, Inggris, earphone atau headphone pada pemutar musik pribadi dapat mencapai tingkat kebisingan yang sama dengan mesin jet. Akibatnya dapat merusak lapisan sel-sel saraf yang menyebabkan tuli. 

     "Penelitian ini memungkinkan kita untuk memahami jalur dari paparan suara keras untuk gangguan pendengaran," kata Dr Martine Hamann dari Departemen Fisiologi dan Farmakologi universitas tersebut. Ia menambahkan, suara keras dari 110 desibel diketahui menyebabkan masalah pendengaran seperti tuli sementara dan tinnitus (telinga berdenging).

     Sel saraf yang membawa sinyal listrik dari telinga ke otak memiliki lapisan yang disebut selubung myelin, yang membantu perjalanan sinyal listrik di sepanjang sel. Paparan suara keras, misalnya kebisingan lebih dari 110 desibel, dapat mengupas lapisan sel-sel ini. Akibatnya, mengganggu sinyal listrik. Ini berarti saraf tidak bisa lagi secara efisien mengirimkan informasi dari telinga ke otak.

     Namun, lapisan yang mengelilingi sel-sel saraf dapat diperbaiki dengan membiarkan sel-sel berfungsi lagi seperti biasa. Ini berarti kehilangan pendengaran dapat bersifat sementara. 

     "Kami menunjukkan bahwa selubung di sekitar saraf pendengaran hilang. Efeknya adalah reversibel dan setelah tiga bulan, pendengaran telah pulih," tambah Martine 

     Temuan ini merupakan bagian dari penelitian terhadap efek dari suara keras pada bagian otak yang disebut nukleus koklea dorsal. Penelitian juga menunjukkan bahwa kerusakan sel-sel di daerah ini dapat menyebabkan tinnitus, sensasi 'suara siluman' seperti berdengung atau dering.


PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI


0 komentar:

Posting Komentar