Jumat, 31 Agustus 2012

Pemakai Mata Buatan Pertama Didunia



     Teknologi memang semakin cepat berkembang. Bahkan sekarang mata buatan atau disebut mata bionic sudah bisa digunakan oleh manusia. Dengan adanya mata buatan ini tentu member kabar gembira bagi mereka yang tidak bisa melihat. Siapakah yang beruntung menggunakan mata buatan ini pertama kali? Dialah  Wanita asal Australia yang beruntung mendapatkan mata bionik pertama di dunia.
     Dianne Ashworth merupakan pasien pertama yang ditanamkan prototipe bionik. Ia mengaku bisa melihat bintik-bintik cahaya usai operasi implan yang berlangsung di Royal Victorian Eye and Ear Hospital pada Mei. Setelah sepenuhnya pulih dari operasi, penglihatan wanita itu diaktifkan pada bulan lau di Institut Bionik.


     Seperti dikutip dari ZeeNews, Jumat (31/8), prototipe mata yang terpasang pada Dianne merupakan elektroda yang terhubung ke reseptor. Kemudian, alat itu dipasang ke bagian belakang telinga wanita berusia 54 tahun itu. Selanjutnya terpasang melalui sebuah kabel eksternal ke unit di laboratorium. Elektroda mengirim impuls listrik ke sel-sel saraf di mata. Hal itu terjadi secara alami pada orang dengan penglihatan normal.

     "Tiba-tiba saya bisa melihat sedikit kilatan. Itu menakjubkan. Setiap kali ada stimulasi, maka akan muncul bentuk yang berbeda di mata saya, ungkap Dianne seperti dilansir dari Stuff.co.nz. 

     Para peneliti di laboratorium menggunakan unit untuk mengontrol informasi yang dikirim ke mata Dianne. Hal itu memungkinkan mereka untuk mempelajari bagaimana otak Dianne bereaksi.  Umpan balik dari Dianne memungkinkan para peneliti untuk mengembangkan prosesor penglihatan, sehingga mereka dapat membangun citra menggunakan kilatan cahaya.

     Para peneliti di Australia telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembangkan mata bionik. Mereka memasukan elektroda ke dalam retina pada pasien dengan gangguan retina.


PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI


0 komentar:

Posting Komentar