Rabu, 29 Agustus 2012

Lampu Aquarium Ternyata Membahayakan Ikan



     Anda senang dengan ikan hias. Bagi anda yang senang memelihara ikan tentunya pasti memiliki aquarium sebagai tempat tinggal ikan hias anda. Selain sebagai rumah ikan akuarium di rumah juga dapat dijadikan "hiasan hidup". Bukan hanya mempercantik suasana rumah, keberadaan akuarium juga dapat membuat penghuni rumah merasa nyaman.
     Akuarium dapat dibuat dalam berbagai ukuran dan bentuk. Maka dari itu, akuarium cocok diletakkan di luar maupun dalam rumah. Mulai dari rumah perkotaan hanya sebesar studio, sampai rumah yang luar biasa besarnya bisa menggunakan aquarium sebagai salah satu penghias ruangan.
     Namun, tahukah Anda ternyata, lampu yang biasa digunakan untuk menambah keindahan akuarium Anda tersebut justru dapat "menyakiti" ikan-ikan peliharaan anda di dalamnya? Tentunya anda tidak mau kan kalau ikan kesayangan anda mati. Berikut ini beberapa langkah dapat Anda ikuti untuk menjaga ikan-ikan Anda dari bahaya paparan cahaya lampu tersebut:
Jangka waktu
     Dalam akuarium berukuran normal, Anda dapat meninggalkan lampu akuarium menyala sampai 8 atau 10 jam. Lebih dari itu, cahaya lampu akan membahayakan ikan. Selain itu, lampu membuat air menjadi panas dan tidak dapat ditinggali oleh ikan.
Tanaman akuarium
     Jika Anda memiliki tanaman hidup di dalam akuarium, jangka waktu lampu menyala di dalamnya akuarium dapat bertambah sampai 12 jam (setengah hari). Lampu yang menyala justru dibutuhkan oleh tanaman di akuarium untuk berfotosintesis.
Jenis ikan
     Beberapa jenis ikan di akuarium tidak menyukai lampu. Jika Anda memiliki jenis ikan tetra atauchichids, maka batasilah penggunaan lampu di akuarium.

Ukuran akuarium
     Gunakan perbandingan wajar antara besarnya akuarium dan lampu yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda menggunakan lampu 100 watt untuk akuarium kecil. Ingat, bahwa lampu yang panas dapat memanaskan air dan menyebabkan evaporasi. Air yang menguap akan membuat Anda harus selalu sigap menambah air di akuarium.
Siklus siang-malam
     Bukan hanya manusia yang membutuhkan siklus ini, ikan pun membutuhkannya. Untuk itu, pastikan Anda mematikan dan menyalakan lampu sesuai siklus hari. Seekor ikan mas koki, misalnya, lebih aktif pada siang hari ketimbang di malam hari.
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI


0 komentar:

Posting Komentar