Selasa, 05 November 2013

ContiSilent, Ban yang Tak Lagi Bising!


Penggunaan ban dengan telapak semakin lebar dan seri (lebar dinding) kecil, menyebabkan suara berisik. Padahal ban ini membuat penampilan mobil, khususnya untuk yang bergaya sport, semakin gagah.

Untuk mengurangi suara berisik dan bisa mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang, produsen ban asal Jerman, Continental atau dikenal dengan Conti, memperkenal ban baru yang disebutnya ContiSilent. Dijelaskan, ban ini bisa mengurangi bising di interior mobil sampai 9 dB, tergantung merek dan tipe kendaraan, kecepatan serta permukaan jalan. 

Pada saat ini, ban ini baru tersedia untuk ban musim panas dan bisa dipasang pada  pelek yang dijual di pasaran. Kemampuan kendaraan tidak terpengaruh, termasuk konsumsi bahan bakar (jadi boros), kecepatan dan membawa muatan. Syaratnya, ban harus dipasang pada keempat roda.
Menurut Conti, merek dan model pertama yang menggunakan ban ini adalah Audi  RS 6 Avant dan RS 7 Sportback. Sedangkan tipe ban yang digunakan disebut ContiSportContact 5 dengan teknologi ContiSilent. 

Rahasia ban bisa mengurangi suara berisik, yaitu tambahan lapisan yang direkatkan di bagian dalam telapk ban dan dipasang setelah proses pembuatan ban selesai. Lapisan khusus ini berupa busa yang meredam gelombang suara dengan baik saat menggelinding.
Dengan turunnya kebisingan interior sampai 9dB, membuat penggemudi dan penumpang cukup merasa nyaman. 

Komponen ban ini sama dengan standar, tidak ada perbedaan kinerja, termasuk pengereman dan pengendalian, khususnya di jalan basah.

The ContiSilent Technology.

Pada Audi RS6 Avant dan RS7 Sportback ban ini menggunakan ukuran 285/30ZR sementara RS7 Sportback pakai 275/30ZR21. Seperti ban lain, untuk Audi RS ContiSilent ini diberi tambahan kode pada dindingin dengan tulisan “RO1”. 

Sumber Kompas

0 komentar:

Posting Komentar