Senin, 30 Juli 2012

Ayo Berpuasa Biar perut Sehat

     

     Tak Terasa Puasa telah berlalu beberapa hari. Ayo udah ada yang bolong puasanya, mudah-mudahan nggak ya. Pasti udah pada tahu bahwa Puasa itu banyak membawa manfaat bagi tubuh. Jadi walaupun anda merasa haus dan lapar selama berpuasa tetapi itu semua tidaklah sia-sia karena puasa akan membuat tubuh anda terhindar dari banyak penyakit berat. Organ tubuh yang paling diberi manfaat pada saat puasa tentunya adalah sistem pencernaan. Sistem pencernaan hampir beroperasi sepanjang hari (terutama bagi yang suka ngemil), makanya dengan berpuasa kita memberikan kesempatan kepada sistem pencernaan untuk beristirahat.

     Selain mendapat istirahat, sistem pencernaan juga dapat memperbaiki sel-sel saluran cerna (regenerasi sel) dan mengurangi beban kerja pencernaan. Mengingat saluran cerna adalah  tempat masuknya segala penyakit. Pola makan dan minum tetap harus dijaga begitu juga ke higienisan tubuh (terutama tangan) harus tetap bersih selama berpuasa. Hal ini diperlukan untuk menjaga saluran cerna tetap sehat dan kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Puasa juga memberikan efek positif terhadap metabolisme tubuh. Puasa dapat menurunkan kolesterol, risiko diabetes, dan mengurangi penyakit lambung fungsional (maag). Pada orang yang memiliki asam lambung berlebihan, dengan berpuasa akan membuat kondisi lambungnya jadi lebih baik.

     Mengenai pola makan selama berpuasa pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan hari biasa (baik dari segi kalori dan komposisi). Hanya saja jumlah, jenis, dan waktu makan pada orang berpuasa yang harus diatur. Agar kebutuhan tubuh terpenuhi, pola makan saat sahur harus mencakup 40 persen makanan besar, 30 persen makanan kecil (sebelum imsak), dan jangan lupa minum 3 gelas air. Ketika sahur usahakan makan dengan komposisi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani/nabati, sayur dan susu.

     Pada saat berbuka, mulailah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Hal ini bertujuan untuk mengganti kadar gula darah yang sudah turun. Makan dan Minumlah seperti es teh manis, koktail ataupun kurma. Setelah shalat maghrib barulah memulai makanan besar.

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar