Selasa, 31 Juli 2012

Bermain dengan Ubur-Ubur Kakaban



     Setelah sebelumnya membahas tentang sengatan ubur-ubur dan cara penanggulangannya, maka artikel kali ini akan menceritakan tenang ubur-ubur kakaban. Memang apa yang unik dari ubur-ubur kakaban ini? Tenyata kita bisa berenang sambil bermain dengan ubur-ubur kakaban ini. Tapi bukankah ubur-ubur memiliki sengat dan berbahaya? Ubur-ubur umumnya memang berbahaya tetapi tidak dengan ubur-ubur kakaban ini karena ubur-ubur ini tidak memiliki sengatan pada tubuhnya. Jadi yang pernah trauma disengat ubur-ubur sehingga tidak berani lagi berenang dilaut mungkin bisa kesini untuk kembali berenang ke laut tanpa takut tersengat ubur-ubur.

     Untuk dapat bermain dengan ubur-ubur ini anda mesti ke pulau kakaban yang berada dalam wisata pulau derawan di Kalimantan. Ternyata spesies ubur-ubur tanpa sengat ini hanya ada di Indonesia dan Filipina. Pulau kakaban terletak di selatan pulau derawan. Kurang lebih satu jam perjalanan menggunakan motorboat. Sebuah dermaga sepanjang 500 meter siap mengantarkan anda ke hamparan pasir putihnya. Di tepian dermaga terdapat spot-spot snorkeling hingga diving, untuk menjelajahi alam  bawah laut beserta biotanya.

     Daya tarik utama dari pulau kakaban berasal dari danau pra sejarah yang ada ditengah rimbunnya hutan di pulau kakaban ini. Pesona dari keindahan danau-danau ini terbentuk dari atol-atol yang terangkat sejak jutaan tahun silam. Luas danau ini sekitar 390 ha, tertutup hutan rimbun dan menjadi danau air asin di tengah pulau kakaban yang memiliki luas kurang lebih 5 kilometer persegi. Proses atol-atol yang terangkat ini membuat beberapa spesies biota laut berevolusi dan berkembang biak disini. Danau ini pun akhirnya terkenal sebagai Istana para ubur-ubur tanpa sengat.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Danau air asin ini memiliki setidaknya empat jenis ubur-ubur tanpa sengat. Diantaranya adalah Mastigias Papua yang banyak terlihat di danau. Sedangkan jenis Aurelia aurita berbentuk seperti piring transparan. Ada pula Cassiopela ornate yang banyak terdapat didasar danau dengan posisi terbalik. Tentakel jenis Cassiopela Ornata biasanya menghadap kearah matahari, hal ini berguna sebagai media berfotosintesis bagi alga simbiotik didalam tentakelnya. Lainnya ada Tripeaulia Cystaphore, ubur-ubur tanpa sengat jenis ini konon sangat sulit ditemukan karena ukurannya yang relative lebih kecil daripada spesies ubur-ubur tanpa sengat lainnya.


     Ubur-ubur tanpa sengat ini memiliki tubuh yang lembut dan agak licin. Peganglah secara lembut dan hati-hati, jangan menggenggamnya terlalu erat karena tubuhnya mudah terurai. Anda dapat berenang bersama ubur-ubur ini, anda tidak akan tersengat malah akan merasa seperti digelitik dan tentunya ini akan menjadi pengalaman unik bagi anda.

Sumber:www.kakigatel.com 

0 komentar:

Posting Komentar