Sabtu, 04 Agustus 2012

Tips Menghadapi Bullying


     Bullying SMA Don Bosco menjadi berita sorotan akhir-akhir ini. Bullying merupakan sebuah tindak kekerasan atau pelecehan yang dilakukan antar siswa sekolah. Biasanya kasus Bullying terjadi antara kakak kelas terhadap adik kelas yang merupakan junior mereka. Tindakan bullying merupakan hal yang tak terpuji dan tak terhormat yang seharusnya tidak dilakukan oleh siswa yang berpendidikan. Banyak faktor yang menjadi sebab kasus bullying, sisi senioritas mungkin jadi salah satu faktor dan tentunya lemahnya pengawasan sekolah juga menjadi sebab.

     Untuk itu sebagai siswa baru atau junior mesti berhati-hati dan melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari bullying ini. Apa saja hal yang wajib dilakukan

1. Menghormati Orang lain

     Ada pepatah mengatakan bahwa jika ingin dihormati maka anda mesti menghormati orang lain terlebih dahulu. Hindari sikap sombong yang akan memancing kemarahan senior atau siswa lain. Tampillah wajar dan jangan terlalu memancing perhatian (khususnya dalam penampilan), tentunya dengan berpenampilan biasa anda terhindar dari sorotan senior anda.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

2. Perbanyak Teman

     Semakin banyak teman tentu akan lebih baik. Hindari menjadi seorang penyendiri karena itu akan menjadi kesempatan anda untuk dijahili. Biasakan bersama teman jika ingin  pergi kemana-mana. Usahakan punya teman kakak kelas yang tentunya dapat menjadi pelindung anda dari kekerasan senior anda.

3. Belajar Bela Diri

     Belajar bela diri mungkin bisa jadi salah satu solusi untuk menghadapi Bullying. Tidak berniat untuk menjadi jagoan, tetapi dengan menguasai salah satu bela diri tentunya anda bisa membela diri anda ketika anda disakiti oleh senior atau teman sekolah anda.

4. Laporkan Kepada Yang Berwajib

     Bagi para korban Bullying, jangan takut untuk melaporkan kasus ini kepihak yang berwajib. Mungkin untuk pertama anda bisa melaporkan kasus Bullying kepada pihak sekolah dan orang tua anda. Namun apabila kurang berhasil tidak ada salahnya anda melaporkan ke polisi karena bullying termasuk tindakan kekerasan yang melawan hokum. Tentunya dengan dilaporkannya kasus Bullying ini dapat menjadi pelajaran untuk tidak dilakukan oleh para pelajar lain.

0 komentar:

Posting Komentar