Jumat, 03 Agustus 2012

Benarkah Teh Es Sebabkan Batu Ginjal


     Minum teh es memang menyegarkan, apalagi setelah berbuka puasa. Rasa yang manis dan dingin memang menyegarkan tenggorokan yang dahaga. Tetapi akhir-akhir ini terdengar berita bahwa teh es ini dapat menyebabkan batu ginjal. Benar atatu tidaknya berita ini, kita harus meneliti kandungan teh es itu sendiri apakah mengandung zat yang dapat menyebabkan batu ginjal atau tidak. berdasarkan penelitian ternyata teh es ini mengandung kadar oksalat yang tinggi yang juga merupakan sebab terbentuknya batu ginjal.

     Pernyataan ini dikemukakan oleh para dokter dari Pusat Urologi Univeritas Loyola. Mereka menjelaskan, es teh mengandung oksalat dalam konsentrasi tinggi, salah satu zat pemicu penyakit batu ginjal. Batu ginjal (renal lithiasis) adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal terbuat dari mineral dan asam garam. Pencetus penyakit ini bermacam-macam, tetapi umumnya terbentuk  karena seseroang kurang minum sehinga urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Hasil penelitian ini juga merupakan peringatan bagi kita untuk tidak mengkonsumsi teh es ini secara berlebihan. Pada bulan ramadhan ini memang konsumsi teh es bisa berlebihan, karena puasa yang menyebabkan dehidrasi sehingga membuat beberapa orang meminum teh es secara berlebih untuk menghilangkan dahaga.

      Untuk menghindari hal ini sebaiknya dilakukan perubahan dalam konsumsi teh es ini. Kurangi jumlah teh es yang disajikan untuk berbuka puasa dan gantilah dengan air putih agar lebih sehat. Atau bisa juga diganti dengan es jeruk supaya lebih menyegarkan.

     Orang yang telah pernah menderita batu ginjal ternyata lebih berbahaya dalam mengkonsumsi teh es ini. Jadi usahakan untuk menghindar saja sebagai tindakan pencegahan. Selain teh es ada juga beberapa makanan yang juga mengandung kadar oksalat yang tinggi seperti bayam, coklat, dan kacang. biasakan mengurangi garam, daging, dan minum beberapa gelas air dalam sehari serta makan makanan tinggi kalsium. Di samping itu, gaya hidup sehat adalah kunci agar orang terhindar dari penyakit batu ginjal.

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar