Senin, 30 Juli 2012

Bahaya Penyakit Kencing Tikus


     Penyakit kencing tikus atau Leptospirosis merupakan salah satu penyakit yang ditularkan dari hewan ke hewan atau dari hewan ke manusia. Penyakit kencing tikus disebabkan oleh bakteri Leptospira yang biasanya berasal dari kencing tikus. Penyakit ini telah terjadi di seluruh dunia, baik didaerah pedesaan maupun perkotaan, didaerah tropis maupun subtropik. Penyakit ini beresiko terutama untuk orang yang bekerja diluar ruangan bersama hewan seperti peternak, petani, dan dokter hewan.

     Penyakit ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1886 oleh Adolf Well dengan gejala panas tinggi disertai beberapa gejala panas tinggi disertai beberapa gejala saraf serta pembesaran hati dan limpa.penyakit dengan gejala tersebut disebut sebagai well disease. Pada tahun 1915 Inada berhasil membuktikan bahwa “Well Disease” disebabkan oleh bakteri Leptospira Icterohemorrhagiae.

     Penyakit kencing tikus ini ditularkan melalui media air. Urine atau air kencing individu yang terserang penyakit ini merupakan sumber utama penularan, baik pada manusia maupun pada hewan. Kemampuan Leptospira untuk bergerak cepat didalam air menjadi salah satu faktor penentu utama ia dapat menginfeksi induk semang yang baru. Hujan deras dan banjir dapat menjadi kontribusi penyebab penyebaran penyakit ini.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Di Indonesia, penularan penyakit kencing tikus ini banyak terjadi melalui tikus pada kondisi banjir. Banjir tentunya akan menyebabkan banyak genangan air yang memudahkan bakteri Leptospira untuk berkembang biak. Air kencing tikus yang terbawa banjir bisa masuk ketubuh manusia melalui permukaan kulit yang terluka, selaput lender mata dan hidung. Penularan penyakit ini dari manusia ke manusia sangat jarang terjadi.

     Selain dari banjir, penyakit ini juga dapat menyebar melalui sumber air lain. Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kondisi air disekitar lingkungan kita. Seperti dikamar mandi, pastikan air dikamar mandi tertutup. Penambahan kaporit juga bisa menjadi salah satu solusi agar bakteri ini tidak berkembang di air. Pengendalian tikus juga harus dilakukan agar jumlah tikus tidak berlebihan dan meningkatkan penularan.

     Penyakit kencing tikus ini bisa menyebabkan demam hingga kematian. Bakteri Leptospira bisa masuk ketubuh dan menyerang hati dan limpa. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit kronis pada hati dan dapat menyebabkan kematian. Jadi waspadalah ya.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Poskan Komentar