Minggu, 29 April 2012

Berlomba terbang ala merpati balap


     Burung merpati memang terkenal sebagai burung yang jinak dan pintar. Burung merpati memang pintar sehingga mereka dapat mengingat jalur pulang kekandang walaupun mereka telah terbang jauh. Karena kemampuan ini tak jarang burung merpati dapat diandalkan dalam mengantar surat dan terciptalah sebutan merpati pos. Selain sebagai pengantar surat ternyata burung merpati juga dilombakan. Bahkan lomba ini cukup terkenal diIndonesia dan dapat menghasilkan rupiah yang tidak sedikit. Burung merpati yang dilombakan ini disebut dengan merpati balap.

     Merpati balap merupakan hasil pembiakan dari jenis burung merpati yang mampu terbang dengan cepat dan memiliki insting yang kuat untuk pulang. Kemampuan ini sangat penting sekali apabila merpati balap akan mengikuti olahraga balap merpati. Merpati balap memiliki kelebihan lain yang tidak kalah hebatnya dengan merpati pos, yaitu mampu mengenali pasangan, pemilik, atau pelatihnya dari jarak yang cukup jauh.

Secara umum merpati balap yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
- Paruh yang pendek,lurus,kuat, dan ujungnya sedikit melengkung menandakan keket atau giringnya bagus.
- Mata jernih dengan biji mata bulat penuh (tidak terlihat pecah) dan kecil menandakan kemampuannya cukup baik untuk melihat dengan jelas dari kejauhan.
- Kepala yang proporsional dan cukup besar menandakan isi otaknya besar (cerdas).
- Lehernya yang cukup dan tidak terlalu panjang dan besar, tetapi tetap proporsional dapat menjaga posisi terbang terhadap udara agar tetap streamline.
- Pundak tegap dan kokoh sebagai tempat menempelnya sayap.
- Otot sayap yang cukup tebal menandakan kekuatannya mengepakkan sayapnya maksimal sehingga diperoleh jangkauan yang jauh dalam sekali kepak.
- Kaki proporsional dengan jari yang kecil dan panjang untuk mengarahkan angin kebelakang setelah melewati dada pada saat terbang.
- Tumpukan bulu pada bokong tebal dan tulang pubis cukup keras sehingga kekompakan otot untuk mencapai kecepatan akhir yang maksimal.
- Bulu halus kering dan berlapis lilin untuk mengurangi hambatan dan mencegah tersimpannya air dari udara.
- Tulang dada sedikit melengkung untuk mengurangi hambatan angin.

     Cukup banyak memang ciri-ciri merpati balap yang baik. Tapi pemilihan yang baik dan teliti memang harus dilakukan apabila merpati balap ingin dilombakan. Semoga informasi ini berguna dan menambah pengetahuan.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar