Sabtu, 28 April 2012

Sejarah Pemakaian Helm Motor


     Memakai Helm merupakan salah satu aturan yang wajib kita ikuti jika berkendara. Jika berani melanggar siap-siap deh berurusan sama pihak berwajib.Pemakaian helm memang penting untuk melindungi kepala para biker (terutama organ otak) dalam mengurangi dampak kecelakaan. Namun tahukah anda tentang sejarah pertama kali hingga diharuskannya pemakaian helm ini. Berikut ulasannya.

     Menurut website Wikipedia.org, penggunaan helm motor bermula karena kecelakaan seseorang dari sepeda motor. Seseorang bernama T.E Lawrence atau terkenal dengan Lawrence of Arabia mendapat kecelakaan saat sedang mengendarai motor jadul Brough Superior SS100. Kecelakaan terjadi karena jalan yang landai menghalangi pandangannya terhadap dua orang bocah yang sedang mengendarai sepeda. Dengan reflek Lawrence membanting setir motor untuk menghindari anak-anak tersebut. Karena pada saat itu belum ada penggunaan helm maka Lawrence menderita luka luka bagian kepala yang sangat serius hingga membuat dia koma selama 6 hari dan kemudian meninggal.

     Huge Chairns yang merupakan dokter bedah saraf yang menangani Lawrence mulai melakukan penelitian terhadap para pengendara motor yang kehilangan nyawa karena luka kepala akibat kecelakaan motor. Sejak saat itu timbullah ide untuk memakai helm layaknya helm pada militer untuk melindungi kepala pengendara motor.

     Di Indonesia kewajiban penggunaan helm pertama kali dicetuskan oleh Kepala Kepolisian RI Hoegeng, tetapi mendapat penolakan yang keras pada waktu itu, tetapi kemudian ditetapkan secara resmi didalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992.

     Helm motor dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok yaitu Helm separu kepala (Half Face), tiga perempat (open face), dan penuh (full face). Helm yang memberika perlindungan terbaik adalah tipe full face karena seluruh kepala akan dilindungi dari benturan.

     Karena fungsi vital helm sebagai pelindung kepala tentunya sebagai pengendara kita wajib mengenakannya. Walaupun masih sering dijumpai banyak yang melalaikannya, tentunya hal ini merupakan contoh buruk yang mesti dihindari. Jadi pastikan selalu safety riding sebelum berkendara.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar