Sabtu, 05 Mei 2012

Mengatasi Jet Lag Ketika Perjalanan


     Apa sih jet lag itu? Kata jet lag ini juga dipakai sebagai judul lagunya Simple Plan. Gak ada hubungannya sama musik, jet lag adalah perasaan mual dan pusing disertai muntah sehabis perjalanan menggunakan pesawat.  Mungkin pengambilan kata jetnya sendiri karena pesawat yang umumnya menggunakan mesin jet.

     Fenomena jet lag ini terjadi karena adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan diri. Fenomena ini disebut dengan circadian rhythms. Para ahli mengatakan, risiko jet lag lebih kecil pada perjalanan dari timur ke barat dibandingkan sebaliknya.

     Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengurangi potensi jet lag, berikut ulasannya

- Sesampainya ditempat tujuan segera sesuaikan jam biologis anda, seperti jam makan dan tidur dengan waktu setempat. Hal ini akan membantu tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan waktu.

- Biarkan tubuh diterpa sinar matahari setelah sampai ditempat tujuan atau membiarkan sinar matahari masuk kedalam kamar. Sinar matahari akan memberi ransangan pada sel-sel tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

- Bila kedatangan anda ditempat tujuan sudah dipenuhi dengan berbagai jadwal, sebaiknya pilihlah jadwal keberangkatan dengan jeda waktu cukup jauh dengan jadwal yang pertama. Jeda waktu merupakan salah satu cara agar tubuh dapat beradaptasi.

- Usahakan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga untuk member system kekebalan yang lebih pada tubuh.

- Pastikan bahwa anda telah tidur cukup pada malam sebelum keberangkatan.

- Perjalanan yang kadang memakan waktu lebih dari sehari, bisa dimanfaatkan dengan melatih jam biologis unuk menyesuaikan diri ditempat tujuan. Misalnya tidur di jam yng sesuai dengan tempat tujuan.

- Cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan berjalan-jalan disekitar kabin pesawat. Cara ini dilakukan agar tubuh tidak kaku dan dapat melancarkan peredaran darah.

     Itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan bila sedang akan bepergian jauh sehingga tidak mengalami kondisi jet lag. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Sumber: www.sentra-edukasi.com

0 komentar:

Posting Komentar