Rabu, 02 Mei 2012

5 Cara Alami Atasi Radang Tenggorokan


     Pasti tidak enak rasanya jika mengalami radang tenggorokan. Makan minum terasa tidak enak, bahkan jika sudah parah kita bisa sulit untuk berbicara. Ciri-ciri radang tenggorokan adalah tenggorokan terasa kering, bengkak dan sakit saat menelan. Radang tenggorokan sendiri disebabkan oleh infeksi virus layaknya pilek dan flu.

     Sebenarnya radang tenggorokan dapat sembuh sendiri, tetapi untuk kasus radang tenggorokan yang cukup parah mungkin beberapa tips dibawah ini dapat dijadikan acuan untuk pengobatan dirumah.

1. Minum Madu

     Madu dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, meski sampai saat ini para ahli belum sepenuhnya memahami tentang madu ini. Namun yang pasti madu dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotic. Cara penggunaannya: campurkan 1-2 sendok makan madu ke dalam secangkir air panas.

2. Berkumur Dengan Air Garam

     Berkumur dengan air garam dapat mengurangi radang pada tenggorokan. Kenapa? Karena garam dapat menarik air keluar dari membrane sel, sehingga cukup efektif mengurangi bengkak dan peradangan akibat radang tenggorokan. Cara menggunakannya: tambahkan setengah sampai satu sendok the garam untuk secangkir air hangat, dan berkumur dengan air campuran ini setidaknya sekali setiap jam.

3. Teh Hijau

     Sebuah riset menunjukkan bahwa peserta penelitian yang menggunakan ekstrak the hijau mengalami peningkatan respon imunitas karena mereka dapat mengeluarkan hormone Interferon, yang mampu melawan virus. Untuk hasil yang lebih baik, anda dapat menambahkan madu kedalam secangkir teh hijau.

4. Cuka Sari Apel

     Meski tidak bisa menunjukkan bukti ilmiah tentang cara kerjanya. Tetapi banyak orang mengakui khasiatnya. Cara menggunakan: campurkan satu sendok makan cuka sari apel kedalam secangkir air hangat, kemudian dikumur dan telan.

5. Mengkonsumsi Vitamin D

     Sebuah riset pada 2007 menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi supplemen vitamin D setiap hari memiliki peluang tiga kali lebih kecil mengalami pilek dan flu. Dengan kata lain, jika anda mengkonsumsi vitamin ini, maka daya tahan tubuh akan membaik dan gejala radang tenggorokan akan berkurang.

     Yang perlu diingat adalah sebaiknya cara diatas dilakukan sebelum radang tenggorokan semakin parah. Apabila radang berlangsung lama diharapkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Sumber: kompas.com  

3 komentar: