Sabtu, 05 Mei 2012

Kamera Ponsel tembus Pandang telah Diciptakan


     Pada film-film Hollywood mungkin sudah sering kita lihat para actor menggunakan kacamata tembus pandang, terutama film tentang agen mata-mata yang biasa menggunakan peralatan canggih dan modern. Ternyata sekarang hal tersebut telah menjadi kenyataan. Para ilmuwan telah berhasil membuat ponsel yang mampu bekerja sebagai kacamata sinar-x. dengan teknologi chip canggih memungkinkan kamera diponsel mampu menembus dinding, kayu, plastic bahkan kain, seperti baju.

     Teknologi chip ini bisa mengetahui apa yang ada dibalik suatu dinding dan mengetahui uang palsu. Chip ini bekerja dijaringan terahertz (Thz) dari spectrum elektromagnetik yang merupakan salah satu rangkaian panjang gelombang diantara gelombang mikro dan sinar inframerah.

     Chip ini nantinya akan digunakan bersama chip CMOS karena harganya yang terjangkau dan banyak digunakan diberbagai produk sehari-hari seperti computer, ponsel pintar, TV definisi tinggi dan konsol game.
Terahertz juga dapat digunakan untuk mendeteksi tumor kanker, diagnosis penyakit melalui analisis napas dan tingkat racun udara.

     Mudah-mudahan saja adanya teknologi mutakhir ini tidak salah digunakan tentu akan sangat bahaya sekali jika kamera tembus pandang ini jatuh pada orang jahat atau orang iseng.  Tapi jika digunakan untuk hal-hal yang positif tentu akan sangat bermanfaat.

Sumber: kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar