Minggu, 06 Mei 2012

Arti Ucapan Horas


     Mungkin anda sering mendengar orang batak mengatakan kata Horas. Tapi kira-kira sudah tau belum makna dari kata Horas ini sendiri. Horas adalah kata salam orang batak yang berasal dari daerah Sumatra Utara, khususnya didaerah Tapanuli. Selain kata Horas terdapat juga salam khas yang lain yaitu Menjuah-Juah dari daerah Karo, Yahobu dari daerah Nias.

     Kata Horas memang lebih sering digunakan karena lebih gampang diucapkan dan sudah popular. Sebenarnya agak sulit jika kata Horas ini jika ingin diartikan kedalam Bahasa Indonesia, karena kata horas memiliki arti yang sangat luas. Kata Horas memiliki arti diantaranya: Apa Kabar, Wa’alfiat, selamat perkenalan, selamat pagi/siang/malam, selamat datang/jalan tinggal dan lain-lain.

     Kata Horas dalam tradisi batak yang memiliki keunikan sendiri, tercipta dari falsafah hidup suku batak, yakni “Dalihan Na tolu”. Secara harfiah Dalihan Na Tolu berarti “Tungku Nan Tiga” atau tungku yang ditopang oleh tiga kaki. Falsafah ini menunjukkan keterikatan hubunganinternal dari ketiga posisi kekerabatan orang batak dalam bermasyarakat. Kekerabatan orang batak dibagi menjadi tiga bagian yaitu Hula-Hula (kerabat marga pihak istri), Dongan Tubu (marga kita, dari garis ayah, kakek dan anak laki-laki), Boru (kerabat perempuan dari ayah, saudara perempuan kita beserta marga suaminya).

     Memang agak sulit untuk menemukan makna yang pas buat kata horas ini. Tetapi jika kita lihat kebanyakan orang menggunakan kata horas sebagai kata salam atau kata untuk memberi dukungan. Mungkin kalau ada yang lebih tau silahkan komen dibawah ya. 

Sumber: www.horasbah.com

0 komentar:

Posting Komentar