Minggu, 06 Mei 2012

Andaliman, Bumbu Masakan Batak


     Masakan dari daerah batak ternyata memiliki satu bumbu masak unik yang mungkin jarang kita dengar. Bumbu masak ini bernama Andaliman. Andaliman adalah bumbu masak khas asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae).

     Andaliman di Indonesia hanya dikenal untuk masakan batak, sehingga sering juga disebut “merica batak”. Masakan khas batak seperti arsik dan saksang memerlukan Andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan. Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun “menggigit” sehingga menimbulkan sensasi kelu atau mati rasa dilidah meskipun tidak sepedas cabai atau lada. Rasa kelu dilidah ini disebabkan karena adanya kandungan hydroxyl-alpha-sanshool pada rempah Andaliman ini.

    Dalam masakan batak, Andaliman dihaluskan dan menjadi bagian dari sambal tinombur atau saus untuk menyendapkan arsik dan saksang.. Arsik merupakan ikan mas bumbu kuning dan saksan merupakan gulai babi. 

    Di Indonesia ternyata Andaliman ini memiliki beberapa kerabat yang sejenis yaitu kayu lemah (Z. rhetssa), kembang seriawan (Z. nitidium), dan karangean (Z. avicennae). Yang terakhir ini merupakan bumbu dalam masakan sunda.

     Indonesia memang Negara dengan kekayaan rempah-rempah yang melimpah. Rempah-rempah juga lah yang membuat para penjajah dulu datang ke Indonesia. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita terhadap kekayaan alam Indonesia.

Sumber; wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar