Kamis, 10 Mei 2012

Ayam Tangkap Asal aceh


     Negara Indonesia merupakan Negara dengan banyak suku dan ciri khasnya. Dalam hal kuliner pun Indonesia sangat banyak sekali macam ragamnya. Salah satunya adalah kuliner dari Aceh berikut ini. Nama masakannya adalah ayam tangkap. Namanya yang unik tentu akan membuat para pecinta kuliner penasaran. Ayam tangkap diakui rasanya yang enak karena pengolahan bumbunya yang unik dan gurih.

     Kenapa diberi nama Ayam Tangkap. Menurut beberapa para pemilik rumah makan yang menyediakan Ayam Tangkap, nama ini diberikan karena dulunya penemu pertama masakan ini harus menangkap ayamnya terlebih dahulu  sebelum ayamnya diolah. Memang agak unik dan membingungkan, tapi begitulah kira-kira asal-muasal nama masakan ini.

     Ayam Tangkap ini menggunakan ayam kampung dalam masakannya. Selain ayam kampung masakan ini juga menggunakan banyak bahan dan bumbu diantaranya:

Bahan:
1 ekor ayam
1 liter minyak goring
8 tangkai daun salam koja
4 lembar daun pandan, iris kasar
1 cangkir air matang
2 buah cabai hijau

Bumbu:
3 siung bawang putih
3 buah bawang merah
5 buah cabe rawit
1 ruas ibu jari kunyit
1 ruas ibu jari jahe
1 sdt garam
Air asam jawa secukupnya.

Cara membuat:
- Potong ayam menjadi 24-30 potongan kecil, kemudian cuci bersih. Bila perlu, remas-remas dengan air perasan jeruk nipis.
- Haluskan semua bumbu, campur dengan 200 ml air batang.
- Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu dan rendam selama 10 menit.
- Panaskan minyak diwajan besar sampai benar-benar mendidih. Goreng ayam sampai kecoklatan.
- Semua ayam harus tenggelam kedalam minyak dan jangan sampai terlalu berhimpitan satu sama lain. Untuk hasil terbaik, gunakan wajan yang besar, dengan 2 liter minyak goring. Atau jangan menggoreng sekaligus melainkan sedikit demi sedikit.
- Menjelang ayam matang, masukkan irisan bawang merah, daun salam koja, daun pandan, dan cabe hijau. Teruskan menggoreng sekitar tiga menit lagi.
- Angkat, tiriskan, dan segera hidangkan dalam keadaan panas.

Sumber: detikfood  

0 komentar:

Posting Komentar