Senin, 07 Mei 2012

“Jogging” Rahasia panjang Umur


     Jika ingin olahraga yang asyik plus murah tentu jogging bisa jadi pilihan. Selain baik buat kesehatan dengan aktifitas jogging kita juga bisa sekalian cuci mata liat pemandangan. Walaupun jogging termasuk olahraga ringan tapi khasiatnya cukup terasa bagi tubuh. Menurut hasil kajian para ilmuwan, melakukan jogging selama dua atau tiga kali dalam seminggu dapat memperpanjang usia dan harapan hidup setidaknya hingga enam tahun.

     Menurut peneliti, manfaat dari jogging akan sangat terasa bila dilakukan dengan kecepatan lambat atau ssantai, dan cukup untuk membuat nafas sedikit terengah-engah. Jadi ketika jogging kita tidak boleh berlari dengan kecepatan tinggi yang memaksa tubuh bekerja keras.

     Riset tentang jogging ini dilakukan oleh Schnohr yang merupakan bagian dari penelitian bertajuk Copenhagen City Heart Study. Riset ini memantau 20.000 pria dan wanita Denmark berusia 20-93 tahun sejak 1976. Tim yang dipimpin oleh Dr. Schnohr meneliti rata-raata tingkat kematian diantara 1.116 pria dan 762 wanita yang rajin melakukan jogging selama sekitar 35 tahun. Partisipan juga ditanya berapa lama waktu yang dihabiskan untuk jogging setiap minggu, apakah mereka berlari dengan lamban, sedang atau cepat.

     Dibandingkan dengan kelompok yang tak  pernah jogging, risiko kematian baik pada pria maupun wanita yang rutin jogging menurun hingga 44 persen. Data menunjukkan, dengan mempertimbangkan factor usia, jogging dapat meningkatkan harapan hidup pria hingga 6,2 tahun lebih panjang dan pada wanita 5,6 tahun lebih panjang.

     Menurut para peneliti, paling ideal jogging dilakukan selama satu hingga 2,5 jam dalam satu sesi dengan kecepatan sedang. Dalam seminggu, jogging juga sebaiknya dilakukan antara dua hingga tiga kali.

     Jadi sudah tau kan manfaatnya jogging. Mari kita budayakan hidup sehat dengan berolahraga secara teratur agar tubuh sehat dan kuat.

Sumber: www.kompas.com

2 komentar: