Rabu, 09 Mei 2012

Tips perawatan Helm


     Helm merupakan perangkat wajib bagi para pengendara sepeda motor. Tentunya kenyamanan pemakaian helm sangat penting agar tidak mengganggu ketika berkendara. Apabila helm berbau tidak enak atau sudah tidak nyaman digunakan tentu akan membuat konsentrasi kita terganggu.  Karena itu sangat penting bagi kita untuk merawat helm agar tetap nyaman ketika digunakan. Perawatan ini tidak hanya dimaksudkan untuk kenyamanan tetapi juga untuk keselamatan para pengendara.

Berikut adalah tips untuk merawat helm kesayangan anda.

- Ikuti instruksi perawatan yang diberikan pabrikan dengan benar
- Gunakan sabun cuci yang lembut yang direkomendasikan dari pabrikan.
- Jangan pernah menggunakan pembersih yang mengandung bahan bakar untuk membersihkan helm anda. Penggunaan pembersih yang mengandung bahan bakar akan merusak komposisi molekul outer shell helm secara kasat mata sehingga mengurangi nilai tingkat keselamatannya.
- Jagalah visor selalu bersih. Cukup gunakan sedikit sabun cair yang lembut dan lap basah untuk membersihkan visor. Sebab jika visor anda tergores akan sangat berbahaya karena akan mengganggu penglihatan.
- Helm adalah benda yang kokoh dan kuat. Tapi bukan berarti anda bisa memperlakukannya dengan kasar. Anda justru disarankan memperlakukan nya dengan hati-hati. Jangan sampai helm anda terjatuh atau terbentur karena akan mengurangi kemampuannya menahan benturan.
- Jangan menyimpan helm dekat dengan tempat penyimpanan bahan bakar atau zat kimia.
- Hindari menggantungkan helm anda dikaca spion, lampu sen atau stang motor. Kebiasaan ini akan merusak inner liner helm.
- Bagi anda yang ingin memakai hands free pada helm, carilah hands free yang tidak memerlukan membolongkan lapisan luar helm. Membolongkan helm tanpa pengawasan dari pabrikan akan mengurangi nilai keselamatan secara drastis.

     Itulah beberapa saran dan tips agar helm kesayangan anda terawat dan tahan lama. Yang tidak kalah pentingnya adalah masa expired pada helm. Penggunaan helm yang melewati masa pakai sangat tidak disarankan. Biasanya rata-rata helm memiliki masa pakai selama 5 tahun sejak pembuatan.
Sumber: m.yahoo.com

0 komentar:

Posting Komentar