Jumat, 11 Mei 2012

Mengenal Taurin Pada Minuman Energi


     Anda cape bekerja atau lesu ketika lagi bekerja, mungkin minuman berenergi bisa mengembalikan stamina anda. Minuman berenergi memang mnyegarkan tubuh apalagi disajikan dengan dingin. Tapi selain menyegarkan tetapi ada beberapa isu yang menyatakan bahwa minuman berenergi tidak baik bagi kesehatan. Apakah benar demikian.

     Rata-rata minuman energy mengandung Taurin. Bahan Taurin ini sering diteliti terkait asal usulnya dan pengaruhnya terhadap risiko kesehatan. Taurin adalah asam amino, tetapi bukan asam amino essensial yang perlu didapatkan dari makanan. Taurin sebenarnya disebut sebagai asam amino kondisional, yang berarti bahwa diproduksi oleh tubuh dan sebagian besar ditemukan dalam jantung dan otak.

     Taurin biasa ditemukan dalam sumber makanan seperti daging dan ikan, tetapi sering dibuat secara sintetis untuk produk komersial seperti minuman berenergi dan suplemen. Taurin seringkali ditambahkan ke produk-produk minuman karena banyak yang percaya  dapat meningkatkan kinerja saat melakukan aktifitas fisik. Tetapi minuman energy tidak dianjurkan untuk wanita hamil, anak-anak dan mereka yang sensitive terhadap kafein.

Efek negative Taurin

     Taurin dapat mempengaruhi denyut jantung. Dalam sebuah riset, peneliti menemukan bahwa detak jantung siswa menurun, sementara tekanan darah arteri mereka meningkat setelah menelan taurin. Salah satu kombinasi yang terbukti berbahaya adalah campuran minuman energy dan alcohol. Kombinasi dari stimulant dan depresan dapat menyebabkan masalah jantung seperti detak jantung yang abnormal.

Efek Positif Taurin

- Taurin memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.

- Taurin dapat meningkatkan kinerja para atletik- sebuah studi peneliti dari Austria menunjukkan bahwa Taurin dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen dan meningkatkan aktifitas fisik tanpa merasa lelah.

- Taurin dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit anti koroner dan bahkan dapat mencegah aterosklerosis, yang merupakan penumpukan plak disepanjang arteri.

- Taurin dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Bahkan suplemen Taurin dapat mengurangi resiko hiperglekimia dan resistensi insulin.

     Jadi walau banyak mitos yang mengatakan taurin ini berbahaya, ternyata mitos itu tidak benar. Walau bagaimanapun taurin aman dikonsumsi dan dapat meningkatkan kesehatan orang dengan masalah jantung dan kondisi medis lainnya. Tapi ingat konsumsilah minuman energy ini sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan karena minuman energy juga mengandung kafein dan gula yang kurang bermanfaat bagi tubuh.

Sumber: kompas.com  

0 komentar:

Posting Komentar