Sabtu, 28 April 2012

Cinta Mati Ala Love Bird


     Namanya saja udah Love Bird. Love Bird jika diartikan Burung Cinta. Kenapa disebut burung cinta, ternyata pemberian nama ini karena sifat burung ini yang sangat dekat dekat dengan pasangannya. Bahkan konon katanya, jika pasangan dari  Love Bird ini mati maka tidak memakan waktu lama pasangan yang satunya juga akan ikut mati. Benar-benar pasangan sehidup semati deh, karena kesetiaan burung ini terhadap pasangannya lah maka pemberian nama love bird jadi sesuai sama pola hidup burung ini.

     Sekarang ini love Bird banyak dipelihara untuk diikutkan lomba suara burung.  Love Bird ini memang memiliki suara yang khas dan panjang. love Bird juga memiliki warna bulu yang sangat indah. Dulunya Love Bird dipelihara juga karena keindahan warna bulunya. Barulah kemudian  Love Bird dipelihara sebagai burung pelomba.

     Ada banyak sekali jenis dari Love bird ini, diantaranya adalah Love Bird kepala Abu-Abu (love Bird Madagaskar), Love bird muka Merah, Love Bird Sayap Hitam (Love Bird Abinisia), love Bird Kerah Hitam, Love bird muka salem, love bird kacamata, love Bird kacamata Topeng, Burung LoveBird kacamata Nyasa, Burung love Bird Kacamata Pipi Hitam.

     Membedakan Love Bird jantan dan betina ternyata agak susah. Berikut adalah ciri-ciri perbedaan antara love bird jantan dan betina. 
-           
       - Bentuk tubuh. Love Bird betina cenderung memiliki tubuh yang kekar dan lebih berat
-          - Love Bird jantan memiliki warna yang lebih terang dari yang wanita
-          - Cara bertengger. Love Bird betina bertengger dengan jarak antar kaki yang lebih lebar dari yang jantan.
-          - Love Bird betina memiliki ekor dengan bentuk lebih rata daripda yang jantan yang berbentuk runcing.
-          -  Kegiatan membangun sarang lebih dilakukan oleh Love Bird betina ketimbang jantan.

     Ternyata pada jenis Love Bird ini sering terlihat dua ekor jantan berprilaku seperti pasangan berlawanan jenis. Begitu juga jenis Love Bird yang betina. Bahkan pada pasangan love bird yang betina ini apabila bertelur maka jumlah telurnya akan lebih banyak dari pasangan yang normal, tetapi telur tersebut tidak fertile alias tidak akan menetas jika dierami.

     Ternyata  Love Bird ini unik sekali ya. Bagi yang senang pelihara burung, mungkin jenis love Bird ini bisa dijadikan pilihan. Karena selain warna bulunya yang indah juga punya suara yang khas. 

Sumber: www.omkicau.com

0 komentar:

Posting Komentar