Minggu, 22 April 2012

Pasukan Pengamanan Presiden


     Beberapa hari yang lalu berita tentang secret service amerika sedang marak ditayangkan ditelevisi. Secret service merupakan agen keamanan yang melindungi presiden Amerika. Di Indonesia sendiri pun memiliki pasukan pengamanan presiden atau yang lebih dikenal paspampres. Tentunya hadirnya pasukan pengaman ini sangat penting dalam melindungi jiwa kepala Negara yang sering mendapat ancaman dari mana-mana. Ingin lebih tau tentang Paspampres, dilanjut  ya baca artikelnya.

     Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) lahir bersamaan dengan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sama halnya dengan kelahiran TNI dan Polri. Ketika kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan, terlihat adanya para pemuda pejuang yang berperan mengamankan presiden. Para pemuda yang berasal dari kesatuan Tokomu Kosaku Tai berperan sebagai pengawal pribadi, dan para pemuda ex-Peta (Pembela Tanah Air) berperan sebagai Pengawal Istana.

     Situasi keamanan pada saat awal kemerdekaan sangat memperhatinkan, dan dibeberapa daerah terjadi pertempuran sebagai respon keinginan dari penjajah belanda untuk menduduki kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketika keselamatan presiden mulai terancam dengan didudukinya Jakarta oleh belanda, maka pada tanggal 3 januari 1946 diputuskan untuk menyelamatkan Presiden RI ke daerah Yogyakarta.

     Dalam pelaksanaan operasi penyelamatan itu telah terjadi kerjasama antara kelompok pengamanan yang terdiri dari TNI dan Polri. Untuk mengenang keberhasilan penyelamatan presiden Republik Indonesia yang baru pertama kalinya tersebut, maka tanggal 3 januari 1946 dipilih sebagai hari Bhakti Paspampres.

     Meskipun pada masa itu para pengawal presiden tidak dalam satu komando, mereka telah mampu mengatasi beberapa percobaan pembunuhan yang mengancam presiden republic Indonesia. Menyikapi banyaknya percobaan pembunuhan terhadap presiden republik Indonesia, maka tanggal 6 juni 1962 dibentuk satuan pengamanan presiden yang diberi nama Resimen Cakra Birawa. Setelah 3 tahun bertugas kesatuan ini dilikuidasi karena proses sejarah.

     Itulah sedikit sejarah tentang pasukan pengaman presiden Indonesia. Semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan

Sumber:  paspampres.mil.id   

0 komentar:

Posting Komentar