Minggu, 22 April 2012

Hooded Pitohui Si Burung Yang Beracun


     Melihat burung yang biasa berterbangan merupakan sesuatu yang indah, melihat gerakan dan tingkah laku mereka yang unik dapat memberikan pelajaran yang banyak bagi kita. Tapi pada tau gak dengan burung yang memiliki racun, bukannya unik malah menakutkan jadinya kalau sampai terkena racunnya. Burung ini bernama Hooded Pitohui. Burung yang memiliki nama yang unik ini merupakan satwa yang tinggal di papua nugini. Konon katanya burung ini adalah satu-satunya burung beracun di dunia.

     Burung Pitohui mengeluarkan racun sebagai pertahanan diri terhadap pemangsanya. Ternyata burung ini memiliki racun karena makanannya yang juga beracun. Burung Pitohui memakan Beberapa jenis kumbang yang mengandung neurotoxin yang dikenal sebagai batrachotoxin (racun yang juga ditemukan pada kulit katak Panah Beracun Amerika Selatan).

     Oleh penduduk setempat burung ini dianggap burung sampah karena terdapat toksin pada bulu dan kulit burung Pitohui ini. Jelas dong burung ini tidak seperti burung biasanya yang dipelihara atau dikonsumsi dagingnya. Jangan kan mau dipelihara, disentuh saja sudah berbahaya.

     Apabila kita menyentuh burung ini dapat berakibat hingga mati rasa, kesemutan, kulit terbakar atau bersin seperti yang dilaporkan oleh para ahli yang meneliti burung ini. Dan apabila berani memakan burung ini tentu akan berakibat yang lebih fatal lagi.

     Burung ini memiliki warna terang oranye dan warna hitam yang memungkinkan calon predator untuk mengenalinya karena warnanya yang mencolok. Burung Pitohui juga mengusapkan toksin dari bulu mereka ke telur mereka utuk melindunginya dari para predator.

     Jadi sudah pada tau kan burung apa yang beracun. Jadi apabila ada yang sedang berada di papua nugini harap hati-hati dengan burung yang satu ini. Semoga info ini bermanfaat dan menambah wawasan.

Sumber: kumpulan artikel marlon

0 komentar:

Posting Komentar