Rabu, 25 April 2012

5 Hal Menarik Dari Antartika


     Benua Antartika merupakan benua yang berada dikutub selatan bumi. Antartika merupakan tempat terdingin yang ada di Bumi. Sebagian besar wilayah antartika tertutup oleh es dan bersuhu mencapai -85 dan -90 derajat celcius pada saaat musim dingin. Pada saat musim panas Antartika akan bersuhu sekitar 30 derajat celcius. Benua ini juga memiliki ketinggian rata-rata tanah tertinggi, kelembapan rata-rata terendah, dan suhu rata-rata terendah diantara semua benua dibumi.

     Banyak hal menarik yang akan kita temukan bila kita pergi mengunjungi antartika, berikut 5 hal menarik yang ada di antartika.
1.        
      1. Terdapat sungai di Antartika

     Antartika memiliki sungai yang diantaranya bernama Onyx. Sungai ini merupakan aliran air lelehan yang mengalir menuju danau Vanda melalui lembah Wright. Sungai Onyx adalah salah satu situs dunia yang banyak dipelajari oleh United States Antartic Program dari National Science Foundation. Karena iklim yang ekstrim, sungai ini hanya mengalir selama dua bulan di musim panas antartika. Panjang sungai 40 km, sementara ikan tidak dapat hidup disungai Onyx.
1.        
      2. Tidak ada beruang kutub di Antartika

     Beruang kutub atau beruang es merupakan salah satu hewan karnivora. Ternyata beruang ini tidak hidup dibagian Antartika. Para Beruang kutub ini hanya tinggal dibagian Artik (Kutub Utara) yang berlainan. Beruang Kutub merupakan hewan asli daerah Kanada Alaska dan berbagai Negara yang terletak dibagian utara Bumi. Suhu udara di Antartika ternyata terlalu dingin bagi Beruang Kutub.
1.        
      3. Tempat Paling Kering Didunia

     Salah ssatu fakta yang paling menarik tentang Antartika adalah pertentangan antara iklim kering dan jumlah air (70% dari air segar diBUmi). Benua Antartika merupakan tempat paling kering didunia ini. Bahkan gurun terpanas Didunia memiliki jumlah curah hujan lebih banyak daripada lembah kering di Antartika. Seluruh daerah di kutub selatan hanya menerima curah hujan 10 cm (3.9 inch) pertahun.
1.        
      4. Penguin Kaisar

     Kutub Selatan adalah satu-satunya tempat diBumi ini dimana populasi penguin Emperor atau Penguin Kaisar dapat ditemukan. Penguin Kaisar adalah yang memiliki tubuh tertinggi dan memiliki ukuran paling berat dari semua spesies penguin. Tinggi badannya mencapai lebih dari 1 meter dan bobot lebih dari 35 kg. Populasi Penguin kaisar bias bertahan pada suhu terendah hingga -73 derajat celcius. Mereka bersarang di sepanjang wilayah tepi pantai benua Antartika.
1.        
      5. Penduduk

     Tidak ada habitat manusia yang hidup diAntartika. Satu satunya orang yang tinggal disana untuk waktu yang cukup lama hanyalah bagian dari komunitas ilmiah yang sedang melakukan penelitian. Pada musim panas, terdapat 5000 ilmuwan yang tinggal sementara diAntartika. Namun selama musim dingin berkurang menjadi 1000 ilmuwan yang menetap tetap bekerja.

     Itulah 5 hal menarik yang dapat kita temukan di Antartika. Sebenarnya masih banyak hal lagi yang unik disana. Itu mengapa banyak para ilmuwan melakukan penelitian disana untuk dapat lebih mempelajari kondisi Antartika.  Semoga pemanasan Global dapat dikurangi sehingga tidak mengganggu kehidupan di Antartika dan Bumi pada umumnya.

Sumber; www.uniknya.com

0 komentar:

Posting Komentar