Rabu, 25 April 2012

Mengenal Istana Presiden Di Cipanas


     Indonesia memiliki lima Istana Kepresidenan dan salah satunya berada di Cipanas. Cipanas terletak sekitar 20 kilometer dari kota cianjur atau 103 kilometer dari ibu kota Jakarta. Cipanas sendiri merupakan salah satu tempat tujuan wisata dikawasan puncak jawa barat. Cipanas memiliki hawa yang sejuk dan memiliki beberapa tempat tujuan wisata yang salah satunya adalah Istana Kepresidenan Cipanas.

     Istana Kepresidenan Cipanas dibangun diatas tanah seluas 26 hektar dan merupakan istana tertua. Istana ini dibangun oleh belanda yang merupakan bangunan pribadi pada tahun 1740. Istana ini dibangun tuan tanah belanda bernama Van Heots. Karena adanya daya tarik sumber air panas dibangunlah gedung kesehatan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal G.W, Baron Van Imhoff pada tahun 1743.

     Total luas bangunan Istana  adalah 7900 meter persegi,  sisanya merupakan untuk hutan dan taman. Tapi lama kelamaan istana ini kerap dipakai sebagai tempat peristirahatan para Gubernur Jenderal Belanda sehingga smakin lama semakin banyak bangunan yang dibangun disekitar istana.

     Setelah Indonesia Merdeka, Istana ini kemudian tetap difungsikan sebagai tempat peristirahatan bagi presiden dan wakil presiden. Bila kita memasuki Istana kepresidenan ini akan terasa perbedaan dengan tempat wisata lainnya. Setelah melewati pagar dan masuk maka anda akan diawasi oleh ratusan kamera CCTV yang ada di area tersebut dan tas anda juga harus dititipkan pada petugas keamanan.

      Istana ini memiliki keindahan taman dan arsitektur bangunan kuno sehingga banyak para pengunjung yang akan memoteret atau berposedidepannya. Anda diperbolehkan untuk mengambil gambar selama diluar ruangan. Namun anda akan dilarang untuk mengambil gambar apabila telah berada didalam ruang istana. Memang disayangkan kita tidak dapat mengambil gambar dalam ruang istana karena didalam istana anda akan menemukan Lampu Kristal tahun 1900 dan keindahan permadani dari turki.

     Uniknya disekeliling dinding istana akan kita temukan lukisan-lukisan dari pelukis terkenal seperti Affandi dan Soejono D.S. Total lukisan ada sekitar 310 yang mana 240 diantaranya dalah koleksi pribadi dari Presiden Soekarno. Lukisan ini sendiri memiliki keistimewaan karena dari arahjalan akan berubah setiap pengunjung mengubah titik posisi dia melihat lukisan tersebut.

     Selain bangunan induk, anda juga akan menemukan 5 Pavilliun disekitar istana. Selain itu ada pula tempat pemandian air panas dan museum yang menyimpan koleksi barang pemberian tamu Negara. Kemudian ada satu bangunan yang merupakan tempat Presiden Soekarno mencari inspirasi seperti pada saat ingin membuat pidato, yakni Gedung Bentol.

     Itulah macam-macam keunikan yang akan kita temukan apabila kita berkunjung ke Istana Kepresidenan Cipanas. Tentunya selain berwisata kita juga dapat belajar sejarah dan menambah pengetahuan. Ada satu hal lagi yang penting apabila anda ingin berkunjung ke istana Kepresidenan ini jangan lupa untukmengirimkan surat ijin seminggu sebelum kunjungan.

Sumber: kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar