Senin, 17 September 2012

Unik, Apartemen Khusus Burung



     Ternyata tak hanya manusia saja yang membutuhkan apartemen, karena hewan pun membutuhkannya. Mau bukti, lihat saja apartemen khusus burung yang merupakan hasil karya kreatif Oki Sato.  Lewat perusahaan yang dirintisnya, Nendo, ia membuat "apartemen" burung.
     "Apartemen" bernama Ando Momofuku Center Tree House ini dapat Anda temukan di Komoro, Jepang. Rumah burung berukuran besar ini, mampu menggugah perasaan siapapun yang melihatnya.
     Pada hasil karya terbarunya ini, Sato mengkreasikan bentuk repetisi dari beberapa genteng rumah mini dan lubang kecil yang umum dikenal sebagai bentuk rumah burung. Ada dua sisi dalam rumah burung ini, yaitu sisi untuk burung dan sisi yang dapat dimasuki oleh manusia.
     Dengan menyandingkan antara rumah burung dan sisi yang dapat dimasuki manusia, Sato tampaknya ingin menyampaikan ide, bahwa rumah burung sama pentingnya dengan rumah bagi manusia.
     Namun, untuk dapat benar-benar menikmati rumah burung ini, pengunjung dapat memanjat sebuah tangga tinggi dan memasuki pintu berbentuk lingkaran. Di dalamnya, ada sebuah lubang tersedia untuk mengintip ke dalam. Maka, pengunjung dapat melihat "dunia burung" di sisi lain.
     Interior rumah burung ini seluruhnya berwarna putih. Di dalamnya pengunjung dapat mengobservasi burung dengan mudah, karena hanya itu yang terlihat. Pengunjung dapat mengobservasi semua rumah burung di sisi berbeda, karena masing-masing rumah burung yang berjumlah 78 rumah itu memiliki lubang untuk diintip.
     Desain Sato ini memang tidak biasa, namun tetap dapat menjadi inspirasi bagi taman di rumah Anda. Rumah burung, tempat mandi burung (berbentuk semacam mangkuk tempat burung liar dapat bertengger), atau tempat makan burung di taman Anda, yang sebenarnya memiliki fungsi menguntungkan bagi Anda dan alam sekitar.
     Keuntungan pertama bagi Anda, tentunya rumah burung yang cantik ini juga dapat mempercantik taman. Selain itu, burung adalah "insektisida" alami yang ampuh. Selain itu, adanya burung di taman Anda akan memberikan kesan tersendiri. Ya, kesan ramah alam pada rumah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar