Minggu, 16 September 2012

Tips Rancang Taman Sendiri



     Taman berfungsi memberikan pemandangan yang indah bagi pekarangan rumah anda. Semakin bagus penataan taman tentu akan membuat tampilan rumah anda menjadi semakin bagus. Banyak orang biasanya menggunakan jasa orang lain dalam membuat dan menata taman. Padahal jika anda mau sedikit kreatif dan bereksperimen, anda sendiri pun bisa menciptakan sebuah taman yang menarik.
     Tanpa perencanaan, taman akan terlihat polos, tak menarik atau bahkan kehilangan sebagian fungsinya. Membuat rencana desain taman bisa mempermudah pembuatan dan hasilnya tentu lebih menarik. 
     Untuk mendapatkan taman maksimal, Anda bisa menggunakan software perencanaan khusus. Namun taman kecil Anda juga sebetulnya bisa didesain dengan rancangan yang sederhana, dengan hanya menggunakan pensil dan kertas. Simak langkah-langkahnya berikut ini, sebagaimana dikutip dariLandscape Design, Minggu (16/9/2012).
     Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggambar garis besar taman termasuk membaginya menjadi area-area tertentu. Tentukan dengan benar di mana utara, selatan, timur dan arah barat. Menggambar jalan dan pagar pun perlu diperhatikan demi menentukan batas. 
     Kemudian, pikirkan tanaman apa yang akan Anda tanam. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya memilih tanaman yang mudah tumbuh dan beradaptasi. Buatlah daftar tanaman yang akan Anda tanam dan sesuaikan dengan luasan yang ada. 
     Selanjutnya, tentukan bagian mana tanaman akan ditanam. Tentunya dengan mempertimbangkan aspek pendukung seperti sinar matahari, jangan sampai tanaman yang tinggi menaungi tanaman kecil yang berada di dekatnya. Persiapkan juga alat pendukung seperti perambat tanaman berupa teralis atau para-para bambu. 
     Jika Anda ingin membuat pola desain taman dengan lebih detail, Anda dapat memberikan kode tertentu dengan menggunakan warna sebagai pembeda. Setelah desain atau rancangan selesai, perhatikan kembali apakah ada sesuatu yang belum lengkap atau salah. Jika semua sudah dipastikan benar, saatnya untuk mewujudkan taman hasil rancangan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar