Minggu, 16 September 2012

Fakta Lengkap Kanker Tiroid



     Kanker merupakan salah satu tipe penyakit tersembunyi atau silent disease yang biasanya baru ketahuan jika sudah memasuki stadium lanjut. Kanker ini sendiri terdiri dari berbagai jenis tergantung didaerah mana kanker menyerang. Berikut adalah fakta lengkap tentang kanker tiroid atau kelenjar tenggorokan.
     Kanker tiroid memang tidak sepopuler kanker prostat atau payudara. Namun jenis kanker ini paling cepat penyebarannya. Tiroid sendiri merupakan kelenjar di dasar tenggorokan yang mengeluarkan hormon dan mempengaruhi metabolisme serta suhu tubuh. Berikut ini Third Age merangkum lima fakta penting kanker tiroid yang wajib Anda ketahui.

Gejala
     Kebanyakan pasien di stadium awal tidak menunjukkan gejala tertentu. Namun semakin lama, akan muncul benjolan, bintil, atau bengkak pada bagian depan leher. Kondisi itu dilanjutkan dengan kesulitan berbicara, menelan, bernapas, dan rasa sakit pada tenggorokan atau leher.

Jenis
     Ada beberapa jenis kanker tiroid yang menyerang manusia, yaitu papillary, follicular, dan medullary. Jika bisa dideteksi sejak awal, kebanyakan kanker tiroid jenis papillary dan follicular bisa disembuhkan. Sementara jenis medullary bisa diobati dan dikontrol jika belum menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Penyebab
     Penyebab pertama kanker tiroid adalah sejarah keluarga. Wanita, umumnya memiliki risiko kanker tiroid lebih tinggi daripada pria. Kemudian usia, yang biasanya menyerang orang-orang 40 tahun ke atas. Terakhir, radiasi pada tiroid.

Pengobatan
     Ada beberapa pilihan untuk penyembuhan kanker tiroid. Pertama adalah operasi, lalu pengobatan yodium radioaktif, terapi radiasi, dan kemoterapi. Di dalam beberapa kasus, pasien yang menjalani operasi bertujuan mengangkat kelenjar tiroid. Setelah itu, mereka menjalani terapi pergantian hormon.

Perawatan
     Mantan pasien kanker tiroid yang dinyatakan sembuh total tetap disarankan untuk memantau kondisi kesehatannya. Pasalnya risiko kambuhnya kanker ini mencapai angka 30 persen.

     Demikian berbagai fakta penting tentang kanker tiroid. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.


0 komentar:

Posting Komentar