Senin, 17 September 2012

Awas Anak Terkena Amblyopia




     Apa itu penyakit Amblyopia. Amblyopia adalah salah satu penyakit mata yang menyerang pada usia kanak-kanak. Penyakit Amblyopia biasa disebut juga dengan penyakit mata malas. Mata  malas bukan berarti mata yang sedang bermalas-malasan.  Penyakit ini membuat penglihatan pada mata jadi berkurang akibat dari ketidakmampuan dalam mengembangkan penglihatan secara normal saat masa kanak-kanak. Jika dibiarkan pada masa kanak-kanak, amblyopia akan berlanjut hingga dewasa.
     Beberapa penyebab umumnya adalah juling, rabun jauh/dekat, astigmatis, atau katarak kanak-kanak. Amblyopia biasanya mempengaruhi satu mata, namun jika kedua mata kekurangan penglihatan jelas selama waktu tertentu ketika kanak-kanak, maka kondisi ini dapat mempengaruhi kedua mata.
     Pengobatan utama dengan memaksakan agar mata malas mendapatkan penglihatan sebaik mungkin. Hal ini termasuk dengan menggunakan kacamata. Selain itu, penderita harus diuji secara teratur untuk memantau perkembangan pengobatan. Akan lebih tepat untuk berkonsultasi pada ahli mata ketika anak mengeluh atau mulai memiliki gejala-gejala, seperti penglihatan kabur dan seringnya memicingkan mata untuk membuat penglihatan lebih sejajar.

0 komentar:

Posting Komentar