Rabu, 12 September 2012

Tips atasi Sakit punggung



     Sakit punggung biasanya menyerang tanpa mengenal usia. Dari yang muda sampai yang tua bisa terkena dengan yang namanya sakit punggung. Dalam setahun, setidaknya ada sepertiga populasi dunia yang mengeluh sakit pada punggungnya. Bahkan sakit tersebut membatasi orang melakukan aktivitas sehari-hari mereka.
     Usia 20-30 tahun identik dengan sakit punggung. Namun nyeri tersebut juga sering berulang pada usia 60 tahun. Wanita pun lebih kerap ditemukan mengeluhkan sakit ini daripada pria.
     Lantas bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya adalah dengan mengompres bagian punggung dengan es atau air hangat. Dr Lim Kay Kiat sebagai ahli bedah ortopedik dari Royal College of Surgeons Edinburgh Med Orthopaedics Singapore juga memberikan banyak tips bagi Anda yang mengalami sakit punggung. Simak selengkapnya berikut ini.

Istirahat
     Istirahat panjang identik dengan masa penyembuhan yang lama. Maka dari itu banyak pasien yang sering tidak setuju melakukannya. Padahal istirahat ini bisa diartikan berbaring selama 48 jam. Setelah itu, aktivitas normal bisa dilanjutkan kembali.

Obat
     Ada obat anti bengkak yang sering diberikan kepada pasien sakit punggung. Parasetamol pun dinilai mampu memberikan efek yang sama. Namun obat salep yang bersifat panas tidak terlalu memberi efek samping menyembuhkan yang maksimal.

Kompres
     Meskipun belum ada penelitian resmi tentang cara ini, banyak pasien yang menggunakan kompres es batu atau air hangat untuk mengatasi rasa sakit pada punggung. Kompres kemungkinan memberi rasa lega pada pasien. Sehingga punggung mereka berangsur-angsur membaik.

Olahraga punggung
     Memang tidak ada olahraga punggung yang spesifik yang dapat mengurangi sakit pada serangan akut. Jadi olahraga ini hanya disarankan untuk orang dengan sakit punggung ringan saja.

Akupunktur
     Penelitian terbaru menyebutkan akupunktur efektif menyembuhkan penyakit kronis yang diderita seseorang. Memang belum ada bukti bahwa akupunktur juga bisa meredakan sakit punggung. Namun tidak ada salahnya dicoba, sebab banyak juga orang yang sudah membuktikan akupunktur mampu mengatasi masalah sakit punggung mereka.

     Itulah beberapa cara mengatasi sakit punggung. Namun akan lebih baik jika Anda mampu mencegah sakit punggung daripada mengobatinya.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI


0 komentar:

Posting Komentar