Rabu, 11 Juli 2012

Bahaya Armadillo Dapat Tularkan Lepra


    Armadillo merupakan salah satu tipe hewan mamalia Plasental kecil yang memiliki perisai pada tubuhnya.untuk ukuran normal armadillo biasanya dapat tumbuh hingga panjang 75 cm (termasuk ekor). Tetapi ada juga armadillo raksasa yang dapat tumbuh hingga 90 cm. armadillo merupakan salah satu hewan khas Amerika yang dapat hidup diberbagai lingkungan.di Indonesia biasanya para penduduk menyebut armadillo ini dengan sebutan trenggiling.  Dibalik uniknya hewan ini ternyata armadillo dapat menularkan penyakit  lepra kepada manusia.

     Dahulu kala sekitar 500 tahun yang lalu para penjelajah eropa menularkan lepra (kusta) ke armadillo didaerah jajahan mereka, tetapi kini bukti baru menunjukkan bahwa armadillo menularkan kembali penyakit lepra ini kepada manusia. Armadillo merupakan satu-satunya binatang yang mengandung bakteri penyebab lepra yaitu Mycobacterium Leprae. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal kedokteran New England, Rabu (27/04/2011), menyebutkan galur penyakit penyebab lepra pada 25 orang dari 39 penderita di Lousiana, AS, sama dengan yang ditemukan pada 28 dari 33 jenis armadillo liar.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Dari 15 kasus yang diamati menunjukkan, delapan orang tertular lepra karena berhubungan dengan pemburu armadillo. Pushpendra Singh dari politeknik Federal Ecole di Lausanne, swiss, kepada Livescience mengingatkan kontak armadillo liar harus dihindari, apalagi memakan dagingnya yang belum matang.

     Kalau dibaca diatas kayaknya para orang eropa kena karma karena terlebih dahulu menularkan penyakit lepra ke armadillo. Tapi apapun itu, mulai sekarang bagi yang senang makan daging trenggiling atau armadillo mesti lebih berhati-hati terhadap bakteri lepra ini, pastikan masakan daging matang dan bebas dari bakteri.

Sumber:
Wikipedia
Kompas cetak

0 komentar:

Posting Komentar