Rabu, 11 Juli 2012

Tradisi Bersapa Selandia Baru


     Selandia baru merupakan Negara yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Ada sekitar 700 tempat wisata yang ada diselandia baru. Selandia baru juga memiliki banyak tempat yang indah sehingga banyak dijadikan tempat syuting film terkenal. Pasti anda tahu trilogy Lord Of The Ring, film ini juga banyak mengambil lokasi syuting di selandia baru. Ada juga film Narnia yang juga turut menjadikan selandia baru sebagai tempat syutingnya. Selain tempat wisata yang menakjubkan, selandia baru juga memiliki tradisi menyapa yang unik yang mungkin terasa aneh bagi kita.

     Selandia baru yang dalam bahasa Maori disebut Aotearea (artinya tanah awan putih panjang) adalah sebuah Negara kepulauan dibarat daya Samudra pasifik di tenggara Australia. Negara ini terdiri dari 2 pulau besar yaitu pulau utara dan pulau selatan serta beberapa pulau kecil lainnya. Selandia baru adalah Negara demokrasi parlementer dan sebuah wilayah persemakmuran britania (commonwealth realm). Nama selandia baru diambil dari provinsi Zeeland di belanda. Nama ini diberikan oleh Abel Tasman seorang penjelajah dari belanda.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI


     Selandia baru memiliki tradisi unik dalam menyapa sesama, tradisi ini terinspirasi dari suku Mauri yang dinamakan Mungi. Tradisi ini mengharuskan ketika akan menyapa maka kedua orang tersebut harus saling berhadapan dengan hidung saling bersentuhan. Gaya bersapa ini menjadi sangat popular dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam upacara adat.

     Menurut tradisi suku Mauri saat melakukan Mungi kedua orang tersebut saling menukar nafas hidung, jika kita sudah melakukan Mungi atau pertama kalinya maka status kita akan meningkat dari tamu menjadi satu keluarga. Yang lebih unik lagi, setelah diangkat sebagai keluarga tamu yang sudah menjadi anggota keluarga ini diharuskan mengikuti segala kegiatan daerah yang dikunjungi. Gaya bersapa ini hampir sama dengan tradisi di Alaska, hanya saja dialaska tamu akan tetap sebagai tamu walaupun sudah melakukan gaya bersapa bersama tuannya.

Sumber:
Wikipedia
www.deteak.com 

0 komentar:

Posting Komentar