Selasa, 10 Juli 2012

Awas Jangan Remehkan Kesemutan


     Pasti anda pernah merasa kesemutan, jika terlalu lama duduk bersila biasanya kaki  akan merasa kesemutan. Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu oleh rangsangan dari luar. Rasa kesemutan biasanya diikuti rasa dingin atau panas pada bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Biasanya orang hanya menganggap sepele masalah kesemutan ini padahal kesemutan juga bisa menjadi indicator adanya penyakit serius dalam tubuh.

     Kesemutan biasa terjadi karena salah posisi duduk atau otot yang tegang, bila kesemutan anda tidak disebabkan oleh hal ini maka bisa jadi itu salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan.  Kesemutan dapat terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan misalnya, saat duduk bersila, bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah akan terganggu. Kesemutan ini akan hilang jika bagian tubuh yang kesemutan digerakkan.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Namun bila kesemutan tak hilang ketika bagian tubuh digerakkan, atau semula hanya sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat kebagian yang lebih luas, atau biasanya yang hanya terjadi sekali-kali menjadi sering, atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya anda segera memeriksakan diri kedokter karena kesemutan ini merupakan jenis gejala penyakit serius. Dokter akan menyelidiki bagian tubuh yang mengalami kesemutan, luasnya, tempat awal kesemutan, dan perkembangan kesemutan itu sejak awal. Semua informasi ini akan menunjukkan penyebab masalah, bisa jadi pada syaraf tepi, pada otot, sum-sum tulang belakang, atau bahkan otak.

     Ada beberapa penyakit serius yang ditandai dengan kesemutan, diantaranya adalah Radang sum-sum tulang belakang, diabetes mellitus atau kencing manis, Carpal Tunnel  Syndrome, penyakit jantung, dan rematik. Jadi jangan remehkan masalah kesemutan. Jika menemui tanda kesemutan seperti diatas jangan sungkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Sesuai pepatah “Pencegahan lebih baik daripada pengobatan”.

Sumber:  doktersehat.com  

0 komentar:

Posting Komentar