Senin, 04 Juni 2012

Uniknya Manisan Cabe



    Kalau mendengar kata manisan, pasti yang terpikir dalam otak kita adalah manisan buah yang rasanya manis. Tapi bagaimana dengan manisan cabe, coba kira-kira manis apa pedas ya rasanya. Kalau cabe sih sudah pasti pedas rasanya tapi kalau manisan cabe itu manis kog rasanya. Tentu setelah melalui berbagai proseslah yang membuat cabe yang semula pedas jadi terasa manis. Manisan cabe ini telah banyak beredar dipulau jawa, bagi saya yang dikalimantan sampai saat ini sih masih belum menemukan yang jual manisan ini.

Bagi yang mau coba-coba buat boleh deh ikuti langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:
- Cuci bersih cabe dan buang tangkainya
- Belah cabe, buang bijinya beserta urat putihnya.
- Larutkan 1 sdm kapur sirih kedalam 2 liter air, endapkan ambil yang bening.
- Masukkan cabe kedalam air kapur, rendam cabe kedalamnya selama 6 jam.
- Setelah itu cuci cabe sampai bersih dan tiriskan.
- Rebus 500 ml air sampai mendidih kemudian masukkan gula, aduk rata sampai gula larut, kemudian masukkan cabe dan masak sampai cabe layu, setelah itu matikan kompor dan biarkan cabe terendam semalaman.
- Ulangi perebusan esok harinya sampai air mendidih, diamkan kembali, ulangi selama 3 hari sampai cabe terasa manis dan berkurang pedasnya.
- Keringkan manisan cabe lewat sinar matahari atau oven, setelah kering taburi dengan gula.
- Manisan yang telah ditaburi gula segera disimpan dalam toples atau dikemas dalam plastik rapat.

     Gak susah kan membuatnya, memang makan waktu lama untuk membuat cabe yang pedas ini bisa terasa manis. Tapi unik kan kalau sudah jadi dan bisa mengejutkan keluarga dan orang-orang terdekat anda.

Sumber: www.aliccehavana.com

0 komentar:

Posting Komentar