Sabtu, 09 Juni 2012

Caviar, Makanan Khas restoran mahal


     Makanan caviar mungkin belum terlalu terkenal di Indonesia. Hal ini wajar saja karena Caviar termasuk makanan mahal sehingga hanya tersedia di restoran mahal. Jadi anda tidak akan menemukan makanan Caviar ini dipinggir jalan atau disupermarket. Caviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan yang sudah diproses dan digarami. Caviar ini biasanya berwarna hitam dan berasal dari telur ikan sturgeon laut kaspia di azerbian, iran rusia dan kazakstan.
  
     Jenis caviar yang paling mahal adalah varian beluga, Ossetra dan Sevruga. Bahkan impor Caviar Beluga pernah dilarang pemerintah AS sejak 2005 karena spesies ini tergolong langka. Sekarang sudah ada beberapa jenis Caviar yang berasal dari jenis ikan lain, misalnya saja ikan cod (skandinavia dan finlandia) dan lumpsucker (jerman). Bahkan di asia, caviar dibuat dari ikan salmon yang kemudian dijadikan isi sushi jepang.
Caviar memang biasanya disajikan oleh Restoran sebagai makanan mahal dan umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan lain. Caviar biasanya dipressing untuk kemudian digunakan sebagai olesan selai atau dipotong. Bahkan teknologi pasteurisasi telah tersedia untuk Caviar agar dapat memperpanjang masa simpan Caviar ini.

     Selain rasanya yang enak caviar juga merupakan sumber kalsium dan fosfor, protein, selenium, besi, magnesium, dan vitamin B12, B6, B44, C, A, dan D. caviar juga mengandung asam amino essensial dan non essensial, misalnya arginin, histidin, lysine, isoleusin, dan metionin. Seperti olahan laut lainnya, caviar juga merupakan sumber omega 3 yang menyehatkan bagi jantung.

     Harga caviar ini bisa mencapai puluhan juta lho perkilogramnya, makanya hanya restoran mahal yang mau menyajikannya. Tapi dilihat dari rasa dan manfaat kandungannya, mungkin wajarlah harganya mahal apalagi ikan penghasil caviar ini merupakan ikan langka.

Sumber: www.caviarluxe.com

0 komentar:

Posting Komentar