Minggu, 03 Juni 2012

Efek Buruk Sinar Matahari Bagi Rambut



     Sinar matahari sebenarnya dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh asal tidak berlebihan. Sinar matahari membantu penyerapan vitamin D bagi tubuh. Karena itu banyak yang menyarankan untuk berjemur sebentar dipagi hari untuk kesehatan tubuh. Tapi hal ini tidak berlaku untuk siang hari karena sinar matahari sedang teriknya dan banyak mengandung sinar yang merusak fungsi tubuh. Sinar matahari ini tidak hanya buruk bagi kulit tetapi juga membawa efek negative untuk rambut.

     Sinar matahari (UVA dan UVB) dapat merusak kondisi rambut dengan berbagai cara. Paparan sinar UVA dapat merusak lapisan kutikula yang merupakan lapisan terluar rambut. Jika lapisan kutikula rusak, maka rambut akan mudah patah dan kering. Sinar UVA juga bisa merusak kulit kepala jika tidak terlindung dengan baik, sehingga mudah terkontaminasi radikal bebas yang dapat mempercepat terjadinya penuaan rambut, seperti uban hingga kerontokan rambut.

     Selain itu, jika rambut sering terpapar oleh sinar matahari akan membuat warna rambut pudar dan menyebabkan pecah-pecah pada ujung rambut. Tidak mau rambut anda rusak oleh sinar matahari maka anda harus melakukan pencegahan. Bukan berarti anda harus berada dirumah seharian dan baru keluar malam tetapi gunakan lah pelindung rambut atau topi sehingga rambut tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

     Tapi memang ada sebagian orang yang enggan memakai topi mungkin karena kurang pede atau memang tidak terbiasa. Jika anda ingin membiarkan rambut anda tergerai maka gunakanlah kondisioner yang mengandung sunscreen sehingga dapat menggantikan fungsi topi untuk melindungi rambut dari efek buruk sinar matahari.

     Sebagai mahkota kepala, rambut tentu memiliki fungsi yang sangat bernilai. Anda tentu tidak akan pede keluar rumah dengan rambut yang rusak. Karena itu hargailah rambut anda dengan dirawat dan dijaga kesehatannya. Dengan rambut yang sehat dan bagus tentu akan meningkatkan penampilan anda didepan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar