Kamis, 07 Juni 2012

Mengenal Tanoreksia



      Kata tanoreksia mungkin terasa asing ditelinga anda. Tapi tahukah anda kalau tanoreksia termasuk salah satu penyakit kelainan yang diderita oleh sebagian orang. Tanoreksia adalah penyakit kecanduan berjemur untuk membuat kulitnya terlihat coklat. Beberapa penderita bahkan tidak sadar bahwa sebenarnya kulitnya bukan berwarna coklat tetapi malah terlihat gosong. Para penderita tanoreksia juga terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

     Selain dengan berjemur para penderita tanoreksia juga senang melakukan tanning pada salon kecantikan. Tanning merupakan alat alternative yang dianggap aman untuk menggelapkan kulit. Alat tanning menghasilkan sinar UVB yang menyebabkan pembakaran lebih yang sebenarnya justru mengubahnya menjadi gelombang UVA. Gelombang UVA diperkirakan dapat menyebabkan kanker kulit dan masalah system kekebalan tubuh.

     Ternyata kelainan Tanoreksia ini juga banyak diderita oleh selebriti dunia. Contohnya saja Paris Hilton dan Lindsay Lohan. Paris Hilton pernah tertangkap kamera paparazzi dalam keadaan gosong selepas ia baru keluar dari sebuah calon kecantikan, lalu menghadiri acara MTV movie Award 2003 dengan kulit terlalu sawo matang.

     Berbeda dengan Lindsay Lohan yang pernah dituntut oleh sebuah perusahaan tanning yang berbasis di Nevada. Lindsay dituntut karena menunggak pembayaran jasa tanning yang sudah dilakukan sejak 2007 hingga 2009 dan menumpuk tagihan sebesar USD 40.000.

     Berjemur sebenarnya merupakan kegiatan yang sehat selama dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan. Hal ini berbeda dengan penderita Tanoreksia yang melakukannya hingga berlebihan yang sebenarnya merusak kulit mereka sendiri dan tampak tidak alami. Mari syukuri apa yang kita miliki dengan merawatnya bukan dengan merusaknya. 

0 komentar:

Posting Komentar