Selasa, 12 Juni 2012

Tips Membersihkan air


     Air merupakan kebutuhan pokok manusia, untuk minum, mandi, mencuci pakaian semua membutuhkan air. Tapi bagaimana jika didaerah anda sulit untuk mendapatkan air bersih tentu hal ini bisa menjadi masalah besar bagi keluarga anda. Biasanya untuk daerah yang belum dimasuki PDAM maka air tanah atau air sumur lah yang diandalkan. Air sumur setiap daerah tentu berbeda-beda kandungannya, bagaimana jika daerah anda air sumurnya tidak jernih atau kuning tentu sangat tidak baik jika langsung digunakan. Untuk itu sangat perlu sekali untuk mengetahui cara menjernihkan air ini.

     Untuk menjernihkan air sebenarnya ada dua cara, yaitu menggunakan penyaring air atau menggunakan bahan tertentu untuk menjernihkan air. Penyaring air mengandung arti alat atau perangkat yang diisi media pasir silica, karbon aktif atau bahan lainnya yang digunakan untuk menjalankan proses menjernihkan air dari berbagai partikel dan lumpur. Sedangkan bahan penjernih air adalah bahan/cairan/bubuk tertentu yang digunakan untuk memisahkan air dari partikel dan lumpur atau juga untuk membunuh bakteri atau virus.

     Secara umum ada 4 jenis bahan yang digunakan dalam media penjernihan air ini. Berikut nama bahan dan fungsinya:

- Tawas berfungsi untuk memisahkan dan mengendapkan kotoran dalam air. Lama pengendapan sekitar 12 jam. Fungsi tawas hanya untuk pengendapan, tidak berfungsi untuk membunuh kuman atau menaikkan ph dalam air.

- Kaporit berfungsi untuk membunuh bakteri, kuman dan virus dalam air. Kaporit tidak menaikkan ph dan juga tidak bisa mengendapkan kotoran, kalaupun mengendap prosesnya sangat lama.

- Kapur gamping berfungsi untuk pengendapan, namun prosesnya cukup lama hingga 24 jam. Kapur juga berfungsi untuk menaikkan ph air namun tidak berfungsi untuk membunuh kuman, virus dan bakteri.

- Arang batok kelapa berfungsi untuk menghilangkan bau, rasa tidak enak dalam air dan juga menjernihkan.

     Karena fungsinya yang berbeda-beda maka untuk mendapatkan kualitas air yang baik anda harus menggunakan semua bahan tersebut untuk menjernihkan air dan membunuh kuman dan bakteri. Untuk pencampuran tawas dan kaporit yang ideal untuk tendon 1200 liter adalah 4 sendok makan penuh tawas dan satu sendok makan penuh kaporit. Cara mencampurnya bergantian, yang pertama kaporit dulu diaduk dalam satu ember air kemudian dimasukkan kedalam tendon baru masukkan tawas yang sudah diaduk dalam satu ember air lalu dimasukkan ke tendon.

Sumber: www.airminumisiulang.com

0 komentar:

Posting Komentar