Selasa, 12 Juni 2012

Awas Jamur Beracun


     Jamur memang enak buat dimakan dan juga kaya akan nutrisi, tapi jangan salah lho tidak semua jamur dapat dimakan bahkan banyak juga jamur yang beracun. Jadi untuk itu anda mesti hati-hati jika menemukan jamur didekat rumah, jangan serta merta langsung dimasak dan dimakan. Anda mesti tahu beberapa ciri-ciri jamur beracun ini agar tidak tertipu.

     Secara umum ada beberapa ciri jamur beracun ini mulai dari warna hingga aroma yang berbeda dari jamur yang dapat dikonsumsi. Berikut ciri-cirinya:
- Jamur beracun memiliki cawan atau cincin pada pangkal batangnya.
- Jika jamur busuk mengeluarkan bau seperti telur busuk atau bau amoniak ini biasanya jamur beracun.
- Seperti katak panah beracun yang memiliki warna cerah, jamur beracun juga memiliki warna mencolok seperti merah darah, oranye, atau kuning terang. Namun ada juga jamur beracun yang berwarna putih jadi anda harus hati-hati.
- Akan meninggalkan noda atau warna hitam atau biru ketika dipotong oleh pisau stainless steel.
- Kalau dimasak, warna jamur beracun akan berubah menjadi kehitam-hitaman atau lebih gelap.

     Efek jamur beracun ini sangat bermacam-macam. Seperti jamur yang tumbuh dari kotoran hewan yang dapat mengakibatkan efek halusinasi dan tertawa, bahkan jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kegilaan (wah ngeri ya). Disarankan bagi anda yang ingin memakan jamur, belilah jamur di supermarket atau makan jamur di rumah makan sehingga lebih terjamin keamanannya.

     Memakan jamur yang busuk juga sangat tidak dianjurkan. Masaklah jamur ketika ingin dikonsumsi, jadi tidak boleh dikonsumsi jika masih mentah. Dilarang juga memakan jamur yang bergetah karena itu mungkin tanda sudah busuk atau beracun. Semoga bermanfaat.

Sumber: www.aprillins.net

0 komentar:

Posting Komentar