Senin, 11 Juni 2012

Mi gomak, Spaghetti Dari Batak



     Kalau di italia ada spaghetti maka dibatak ada mi gomak. Mi gomak merupakan salah satu kuliner khas batak atau lebih tepatnya kabupaten samosir, sumatera utara. Mi gomak ini bahkan dipercaya sebagai mi paling enak didaerah samosir. Mi gomak sendiri bukan seperti mi biasanya yang keriting tapi berbentuk mi lidi yang diameternya lurus dan lebih lebar jadi mirip seperti mi spaghetti deh kira-kira.

     Mi gomak memilii tekstur yang kenyal, namun mudah putus saat digigit. Sausnya ibarat Bolognese versi rending.  Bumbu-bumbu dari mi gomak terdiri dari merica, jahe, andaliman, kelapa parut disangrai, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah. Buah andaliman memang menjadi bumbu khas untuk masakan-masakan batak. Tak lengkap kuliner batak tanpa andaliman.

     Rasa mi gomak memang sangat enak, saus berempah seperti rendang namun halus, berkolaborasi dengan mi tebal yang lembut yang sekilas seperti spaghetti Bolognese dengan rasa lebih berempah dan pedas, tanpa rasa asam dari tomat. Mi gomak lebih enak jika dimakan dengan telur bebek rebus. Nama gomak sendiri berasal dari cara makannya yang menggunakan tangan. “Diraup pake tangan, istilah di samosir adalah digomak”

     Disamosir ada beberapa warung yang menjual mi gomak. Namun, Dorman Restaurant yang menjual mi gomak ini sejak tahun 1982. Selama bertahun-tahun rasa mi gomak ini tetap konsisten. Bahkan banyak penggemar mi gomak yang rela pergi berjam-jam melintasi jalur darat dari daratan sumatera utara hanya untuk menikmati mi gomak direstaurant ini.

     Setelah dengar ceritanya jadi pengen mencoba, tapi sayang jauh sekali ke sumatera. Tapi bagi anda yang ingin atau sedang berkunjung ke sumatera utara silahkan deh mampir ke restaurant ini untuk mencoba mi gomaknya.

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar