Jumat, 15 Juni 2012

Mengenal Pemerintahan Vatikan


     Vatikan adalah sebuah Negara yang terletak didalam kota roma, italia. Vatikan juga disebut Negara dalam sebuah Negara. Vatikan adalah Negara terkecil didunia dengan luas wilayah kurang dari 1 km persegi dan termasuk Negara yang independen dan berdaulat layaknya Negara-negara besar lainnya serta tergabung dalam Negara-negara PBB.

     Vatikan adalah Negara yang tidak tersentuh pada tuntutan untuk menerapkan demokrasi, seperti halnya Negara-negara lain yang dipaksa untuk menerapkan demokrasi. Vatikan menganut system pemerintahan Teokrasi, dimana kekuasaan tertinggi berada pada Paus. Fungsi kepala Negara vatikan, sang Paus tidak diwariskan tetapi dipilih untuk seumur hidup oleh dewan cardinal. Pemilihan Paus ini baru dilakukan jika Paus sebelumnya telah meninggal.

     Dewan cardinal akan berkumpul dalam ritual pemilihan Paus baru yang disebut konklaf. Konklaf adalah sebuah ritual pemilihan Paus dengan cara voting yang dilakukan dalam ruang tertutup di kapel sistina. Pintu ruangan akan dikunci dari luar sehingga segala komunikasi dari luar terputus bahkan tanpa listrik sekalipun. Gembok pintu akan dibuka setelah ada tanda berupa asap yang keluar jika sudah ada keputusan nama Paus terpilih.

     Kardinal diangkat langsung oleh Paus sebagai pembantu dan sebagai dewan penasihat Paus. Ada cardinal yang tinggal di Vatikan dan ada pula yang tinggal diluar vatikan. Untuk militer, vatikan memiliki garda swiss yang pada 22 januari 1506 diresmikan oleh Paus Julius II sebagai pengawal tetap kepausan. Pada akhir tahun 2005, Garda Swiss berjumlah 134 anggota. Penerimaan anggota baru berdasarkan persetujuan khusus antara Vatikan dan Negara swiss.

     Gimana banyak hal unik kan dari Negara Vatikan ini dibandingkan Negara lain. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Sumber: www.mediaumat.com

0 komentar:

Posting Komentar