Kamis, 14 Juni 2012

Kupu-Kupu sebagai indikator Kebersihan Udara


     Keindahan kupu-kupu memang memukau sehingga ada sebagian orang yang mengawetkannya untuk dijadikan koleksi. Keindahan ini ditunjang oleh sayap kupu-kupu yang indah berwarna-warni. Selain itu kupu-kupu juga membantu penyerbukan tanaman sehingga sangat menolong para petani buah. Tapi pernah tahu gak kalau kupu-kupu bisa sebagai indikator kebersihan udara. Baca terus ya biar tambah tahu.

     Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong kepada ordo Lepidoptera, atau serangga bersayap sisik. Kupu-kupu biasa aktif diwaktu siang hari, kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya. Kupu-kupu ini sangat banyak sekali jumlahnya, bahkan dipulau jawa dan bali saja tercatat lebih dari 600 spesies kupu-kupu.

     Kembali kepada indikator kebersihan, kenapa kupu-kupu bisa dikatakan sebagai indikator kebersihan. Coba anda lihat ke daerah perkotaan yang banyak polusi, pasti anda tidak akan menemukan satupun kupu-kupu. Kupu-kupu memang menginginkan daerah yang bersih dan bebas polusi sehingga mereka akan menghindari berada didaerah kotor dan berpolusi. Jadi coba cek lingkungan sekitar rumah, ada kupu-kupunya gak. Jika ada berarti lingkungan rumah anda masih bersih dari polusi tetapi begitu juga sebaliknya.

     Jadi sudah ngerti kan kenapa kupu-kupu bisa dijadikan indicator kebersihan. Tambahan informasi, kupu-kupu umumnya hidup dengan menghisap madu bunga (nectar/sari kembang). Akan tetapi ada juga beberapa jenis kupu-kupu yang menghisap cairan dari buah busuk yang jatuh ketanah. Untuk memanfaatkan keindahan beberapa jenisnya, kini orang mengembangkan peternakan kupu-kupu.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar