Rabu, 13 Juni 2012

Tips buat Dapur Sehat


     Jika ingin memasak makanan tentu kita akan melakukannya didapur. Tentu dapur yang kotor akan berpotensi membuat makanan yang sedang kita masak ikut kotor juga. Karena itu dapur bersih dan sehat sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena aktifitas memasak yang bermacam-macam hingga anda harus membuat strategi biar dapur tidak bau apek dan kotor. Berikut ini ada 3 tips untuk membuat dapur anda lebih sehat.

Tata Cahaya

     Cahaya penting untuk menghilangkan bau apek pada dapur anda. Usahakan agar cahaya matahari bisa masuk kedapur. Salah satu caranya adalah menciptakan skylight pada langit-langit dapur untuk membantu meneruskan sinar matahari masuk kedapur. Cahaya matahari sangat berguna untuk membunuh bibit penyakit dari kotoran penyebab bau. Selain itu dengan adanya sinar matahari anda tidak perlu menyalakan lampu sehingga dapat menghemat listrik. Untuk pencahayaan dimalam hari, gunakan nyala lampu yang terang agar dapat menerangi semua sudut.

Sirkulasi Udara

     Udara segar sangat dibutuhkan untuk dapur sehat. Jadi harus tersedia jendela atau ventilasi sebagai tempat pertukaran udara. Namun jika tidak memungkinkan untuk menggunakan jendela atau ventilasi anda dapat menggunakan cooker hood. Alat ini akan menyedot asap hasil proses memasak sehingga udara dapur jadi lebih segar.

Masalah Kebersihan

     Untuk menjaga kebersihan dapur, tak ada cara lain selain rutin membersihkannya setelah selesai memasak. Tips untuk membersihkan wajan agar tidak bau bisa menggunakan cara tradisional. Misalnya rebus ampas teh atau daun teh dalam penggorengan yang berbau amis selama kurang lebih setengah jam. Kemudian buanglah sampah yang ada didapur setiap hari. Hal ini karena sampah yang disimpan lebih dari satu hari akan jadi sarang bakteri dan jamur.

Sumber: kompas 

0 komentar:

Posting Komentar