Sabtu, 19 Mei 2012

Mengenal asal Usul Donat


     Makanan bulat kemudian ada bolongan ditengah, yups pasti langsung tau kalau itu donat. Donat memang makanan yang popular tidak hanya di Indonesia tapi sudah tersebar di seluruh dunia. Donat ini diproduksi tidak hanya oleh penjual kecil tapi penjual besar seperti Dunkin’s Donut telah menjual donat keseluruh Negara-negara di dunia.

     Asal usul donat ini sering masih jadi bahan perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga mempopulerkan hidangan penutup lain seperti kue kering, pai krim, dan pai buah.  Di Indonesia sendiri  pada tahun 1968, stan American Donut di Djakarta fair (sekarang disebut pecan raya Jakarta)  merupakan perintis donat yang digoreng dengan mesin otomatis. Sejak itu, American Donut memiliki tradisi tahunan membuka stan di pecan raya Jakarta hingga sekarang.   Baru pada tahun 1985, Dunkin’s Donut membuka gerai pertama di jalan Hayam Wuruk.

     Ternyata ada maksud tersendiri kenapa donat bolong pada tengahnya. Lubang pada donat berbentuk cincin dulunya dimaksudkan agar donat cepat matang sewaktu digoreng. Adonan donat yang tersisa sewaktu membuat donat berbentuk cincin sering dijual sebagai doughnut hole atau dicampurkan lagi kedalam adonan untuk membuat donat baru.

     Adonan donat terdiri atas 2 jenis, yaitu adonan yang dibangunkan dengan ragi seperi adonan roti, dan adonan kental seperti adonan cake. Donat dari adonan tepung yang memakai ragi biasanya kadar lemak 25% dari berat donat, sedangkan donat adonan cake mengandung kadar lemak 20%. Donat dari adonan cake digoreng selama 90 detik bolak balik didalam minyak bersuhu antara 190 hingga 198 derajat celcius. Sedangkan donat dari adonan tepung yang dibangunkan oleh ragi memerlukan waktu penggorengan yang lebih lama (sekitar 150 detik) didalam minyak bersuhu 182 hingga 190 derajat celcius.

     Donat sangat lekat dengan kebudayaan Amerika seperti halnya hamburger. Di Amerika utara sampai tercipta stereotip polisi patrol sebagai pemakan donat. Gerai donat sering buka sepanjang malam dan polisi sering mengunjungi gerai donat yang menyediakan donat dan kopi gratis.

     Itulah sekilas cerita tentang si donat ini. Jadi sedikit lebih tau kan sekarang mengenai asal usul donat. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar